Cara Menanam Bunga Telang

Yogsalhafidz.com Diantara kalian belum banyak mengetahui bunga telang, bunga ini memiliki ciri khas yaitu berwarna biru terang yang sangat cantik. Kita akan membahas cara menanam bunga telang dengan baik dan benar.

Bunga telang memiliki nama ilmiahnya yaitu clitoria ternatea L , bunga ini berasal asli dari negara Indonesia dan Malaysia. Sebagian besar ada yang berpendapat bunga ini sudah ada di negara Amerika, Afrika dan Australia.

Tidak hanya penampilan bunga telang saja yang cantik, bunga ini terkenal memiliki karakteristik sehingga banyak diminati. Bunga telang ini masuk sebagai daftar bunga yang dapat di konsumsi.

Karena bunga telang ini mengandung beberapa zat : Fenol, delphirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sulfur dan ca-oksalat.  Selain bermanfaat untuk kuliner, akan tetapi bagi kesehatan bermanfaat. Diantaranya :

  • Ramuan untuk memperlancar buang air seni
  • Detoksifikasi pencernaan sekaligus merawat kulit, bila diminum sebagai teh
  • Untuk obat bisul atau jerawat pada pemakaian luar, dengan cara dibalurkan pada kulit yang terinfeksi
  • Membersihkan sekaligus menjernihkan mata dari air rendaman bunga ini
  • Ramuan yang diminum pada penderita bronchitis 

Cara Menanam Bunga Telang dengan Baik dan Benar

Sekian orang banyak mulai mencari bunga telang selain karena keindahannya, justru karena kandungan zat di dalam bunga tersebut. Orang mengkonsumsi bunga telang dibuat menjadi teh maupun sirup, bahkan ada yang di buat selai untuk roti.

Bunga telang memiliki keindahan yang menarik sehingga sangat cocok sebagai bahan dekorasi atau taman. Bagi kalian yang belum mengetahui bagaimana menanam bunga telang, simak berikut ini.

Pahami Karakteristik dan Manfaat Bunga Telang

Bunga telang menyerupai bentuk seperti kemaluan wanita, memiliki warna yaitu biru terang dan berwarna putih saja.

Bunga telang ini sangat banyak memiliki manfaat dijadikan untuk kuliner maupun bagi kesehatan juga.

  1. Sebagai pewarna pada nasi kerabu di Malaysia
  2. Sebagai campuran minuman di Thailand
  3. Bahan campuran kue manis
  4. Obat untuk memperlancar buang air kecil
  5. Sebagai minuman untuk detoksifikasi pencernaan dan perawatan kulit
  6. Dimanfaatkan sebagai obat jerawat atau bisul, caranya dengan membalurkan bunga telang pada bagian yang diinginkan
  7. Sebagai rendaman air untuk menjernihkan mata
  8. Obat bronchitis
  9. Dijadikan tanaman pagar

Biasanya bunga telang banyak tumbuh di musim iklim tropis. Kalian bisa menemukan bunga ini pada sekitar kebun atau pematang sawah.

Pilih Bibit Bunga Telang

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu mencari benih bibit bunga telang. Bibit bunga telang bisa didapatkan di berbagai toko benih secara langsung, jika kalian sibuk bisa membelinya di toko online.

Sebelum benih bibit bunga telang digunakan, kalian harus memilih bibit bunga mana yang bisa tumbuh dengan optimal dan hasilnya memuaskan.

  1. Pilihlah bibit bunga telang yang berkualitas yang memiliki kelayakan tanam. Maka kalian perlu review toko ataupun bertanya pada penjual mengenai bibit bunga telang tersebut.
  2. Setelah itu lakukan pengecekan terlebih dahulu, perhatikan kondisi benih bunga telang yang kalian beli.
  3. Pastikan bahwa benih terbungkus dengan rapi dalam kondisi yang kering dan terbungkus rapi. Kemudian buka bungkusnya dan sediakan air bersih dalam wadah berupa mangkuk dan tuangkan benihnya ke dalam mangkuk berisi air.
  4. Untuk mengetahui benih layak di tanam, rendam benh selama kurang lebih 3 hingga 5 menit. Perhatikan apabila ada benih yang mengapung maka singkirkan dari wadah.
  5. Setelah itu, rendam kembali benih yang masih terendam di dalam air dan dalam kondisi tenggelam. Rendam benih selama 12 jam, ini berfungsi untuk menghentikan proses dolmansi pada benih agar lebih mudah bertunas. 

Lakukan Pembibitan

Setelah kalian sudah menentukan dan memilih benih bibit bunga telang, langkah selanjutnya yaitu pembibitan bunga telang sebagai berikut.

  1. Buang air yang kalian gunakan untuk merendam benih bunga telang kemudian simpan pada suhu yang normal sekitar 230 c hingga 250 c.
  2. Persiapkan alat dan bahan yang penting untuk melakukan proses penyemaian, diantaranya tray atau ploybag berukuran sedang.
  3. Sediakan tanah humus dan pupuk kompos. Hindarkan penggunaan pupuk kimia karena bisa merusak tekstur dan nutrisi pada tanah.
  4. Mencampurkan tanah humus dengan pupuk perbandingan 2 : 1 dan kemudian masukan ke dalam wadah berupa tray atau polybag.
  5. Angin- anginkan benih yang telah anda simpan sebelumnya terlebih dahulu lalu tabur secara merata pada media semai.
  6. Lembabkan tanah pada media semai menggunakan metode sprai. Lakukan penyiraman hingga tanaman benih bertunas dan menjadi bibit dengan ketinggian sekitar 5cm.
  7. Biasanya kecambah pada benih bunga telang akan muncul saat 1 hingga 2 minggu setelah masa semai. Biarkan selama 5 minggu maka kecambah akan menjadi bibit yang siap di tanam di media tanam.

Tanam dan Rawat

Langkah terakhir yang kalian lakukan pemindahan bibit bunga dari media semai ke media tanam.

  1. Siapkan pot untuk dijadikan wadah media tanam.
  2. Isi pot dengan campuran tanah, pupuk dan pasir dengan komposisi 2:1:1
  3. Anda bisa juga menanam langsung di halaman rumah Anda
  4. Siapkan kayu atau besi dengan ukuran 30-50cm untuk membuat pancang. Ini dimaksudkan untuk menjaga bunga telang tetap berdiri tegak dan kokoh.
  5. Lakukan penyiraman dengan rutin supaya bunga telang tetap subur. Untuk memastikan bunga telang mendapatkan nutrisi yang baik, Anda bisa melakukan pemupukan setiap 2 minggu sekali.
  6. Lakukan juga penyiangan di sekitar tanaman untuk menyingkirkan gulma yang mengganggu.

Umur Bunga Telang

Faiqotul Hima memetik rata-taya 200 gram bunga telang dari sebuah tanaman berumur 6 bulan. Produksi kian meningkat seiring dengan penambahan umur tanaman. Contoh produksi tanaman berumur 12 bulan mencapai 400 gram.

Volume produksi hingga 400 gram itu bertahan hingga tanaman berumur 2 tahun. Panen berikutnya berselang tiap hari. Tanaman akan berbunga susul-menyusul.

Harga Bunga Telang

Harga bunga telang berbagai macam mulai dari 15 ribu – 200 ribu lebih tergantung ukuran. Silahkan kunjungi shopee.co.id jika ingin gratis ongkir setiap hari!!.

Show Comments

No Responses Yet

Yakin gak mau komen?