Contoh Proposal Penelitian yang Perlu di Ketahui (Versi Lengkap)

Selamat membaca dan selamat bertemu kembali lagi sama Mr. Yogs, kali ini saya akan membahas contoh proposal penelitian yang begitu lengkap. Seperti yang anda ketahui semua mahasiswa di dalam kegiatan belajar akademis. Serta dalam detik-detik kuliah mau selesai tentu harus mengajukan skripsi sebagai tugas akhir yang penentu kelulusan kuliah bagi anda mahasiswa .

Mahasiswa sangat di wajibkan untuk melakukan sebuah penelitian sebagai salah satu tugas akhir atau meneliti menjalani studi dalam kegiatan perkuliahan. Sebelum melakukan sebuah penelitian, Dosen pembimbing anda meminta terlebih dahulu proposal penelitian atau proposal skripsi yang harus di serahkan.

Dimana proposal penelitian salah satu syarat sebelum memutuskan persetujuan kasus yang anda ambil. Sebagai bahan akan diteliti serta jenis-jenis metode apa yang anda ambil kasus tersebut.

Apakah contoh proposal yang anda buat itu di terima atau di tolak. Juga harus dipastikan sudah sesuai apa belum sama standar proposal tersebut. Sekian banyak mahasiswa banyak yang mengajukan proposal penelitian di tolak sampai beberapa kali karena terdapat banyak terjadi kesalahan-kesalahan dilakukannya.

Untuk itu saya membuat hal-hal terkait dengan contoh proposal penelitian  yang nantinya bisa di terima oleh Dosen anda. Semoga proposal penelitian anda bisa membuat yang baik dengan sesuai harapan yang inginkan Dosen. Sebelum itu saya akan membahas proposal terlebih dahulu.

Proposal Penelitian Itu Apa Sih?

contoh proposal skripsi

wowkeren.com

Sekian banyak mahasiswa sudah tau cara membuat contoh proposal penelitian tapi kalau ditanya tentang proposal masih bingung. Itupun jawaban kalimat ada yang tidak sesuai dan tepat.

Proposal penelitian adalah suatu rancangan awal suatu penelitian ilmiah yang secara detail di dalam bidang akademik. Proposal biasanya digunakan buat acuan awal penelitian secara sistematis dan mengandung unsur-unsur pokok dalam melakukan penelitian.

Sehingga proposal penelitian akan membantu dalam membuat banyak kerangka sebuah penelitian yang di lakukan anda/mahasiswa.

Proposal Penelitian yang Menurut Para Ahli

contoh proposal

idntimes.com

Proposal Penelitian menurut KBBI

Proposal menurut KBBI yaitu suatu rencana dituangkan ke dalam  bentuk suatu pekerjaan. Prencanaan juga secara sistematis, matang, dan pastinya teliti yang telah dibuat oleh penelitian sebelum melaksanakan sebuah kasus penelitian. Meskipun penelitian di lapangan mau di perpustakaan.

Profesor Robertus Wahyudi Triweko

Proposal penelitian merupakan sebuah bentuk pedoman suatu rencana dalam pekerjaan terdapat dari semua unsur-unsur pokok penelitian. Proposal penelitian harus memberikan informasi yang puas bagi pembaca untuk evaluasi nantinya.

Hansur Anwar

Definis proposal penelitan menurut Hansur Anwar adalah suatu rencana sudah disusun sebelum melakukan kegiatan tersebut.

T Hillway

Menurut T Hillway proposal penelitan merupakan studi yang dilakukan oleh seseorang melalui penyelidikan selalu hati-hati dan permasalah dalam sebuah penelitan akan begitu sempurna sesuai dengan yang di harapkan.

Manfaat dan Tujuan Proposal Penelitan

Manfaat dan Tujuan Proposal Penelitan

ukmjualan.com

Anda tidak boleh sembarangan membuat contoh proposal penelitan. Tapi harus bermanfaat dan memiliki tujuan yang tertentu dimana nantinya akan membantu anda dalam terkait point penting dalam penelitian. Manfaat dan tujuannya antara lain silahkan menyimak ya.

Exploration

Tujuan pertama dalam proposal penelitian yaitu sebagai bahan explorasi dan memperdalam suatu fenomena. Dengan penelitian anda akan menjadi penentu kevalidan suatu kasus tersebut. Sehingga anda bisa mengetahui apakah sebuah fenomena tersebut benar atau salah.

Description

Setelah berhasil mendapatkan fenomena yang pertama tadi. Kemudian akan dijadikan kasus dalam proposal penelitian anda selanjutnya mendeskripsikan fenomena tersebut secara lebih rinci. Sehingga anda dapat memberikan perbandingan terkait fenomena tersebut secara baik dan rinci.

Prediction

Tujuan selanjutnya yaitu prediction merupakan melakukan prediksi terkait hal-hal dalam fenomena yang sudah dipelajari. Anda akan melakukan proses indetifikasi terkait dengan fenomena yang telah dapat dan memberikan prediksi terkait dalam kemungkinan yang ketika terjadi apabila berbenturan.

Explation

Selanjutnya anda menjelaskan dengan detail terkait fenomena yang sudah dipelajari serta sebab akibat munculnya fenomena tersebut. Ketika menjelaskan fenomena yang akan dijadikan oleh anda sebagai contoh proposal penelitian dimana nantinya perlu memperdalam dua fenomena yang sudah di dapatkan sebelumnya.

Action

Tujuan terakhir action dalam contoh proposal penelitian yaitu melakukan percobaan yang terkait hasil penjelasan anda telah buat supaya bisa di realisasikan kepada masyarakat.

Ciri-ciri Contoh Proposal Penelitian

Ciri-ciri Contoh Proposal Penelitian

koran-jakarta.com

Seringkali mahasiswa meremehkan contoh proposal penelitian memiliki ciri yang harus diperhatikan oleh anda. Hal ini dikarenakan mahasiswa saat membuat proposal penelitian masih banyak yang salah. Sehingga banyak revisi berulang-ulang kali dari Dosen pembimbing.

Ciri-ciri contoh proposal penelitian yang harus diperhatikan dan pahami oleh anda antara lain:

Singkat, Padat, Jelas

Contoh proposal penelitian dibuat secara ringkas. Tapi, juga harus memperhatikan sisi keilmihannya jangan sampai ketinggalan. Sehingga mampu meberikan pemahaman ketika Dosen membaca jenis penelitian apa yang anda tulis dalam tugas terakhirnya tersebut.

Informasi yang Jelas

Proposal penelitian yang akan diberikan kepada Dosen anda harus mengandung informasi jelas serta realistik. Karena juga masih banyak disaat memberikan kepada Dosen tidak memberikan dengan jelas kasus penelitian bahkan bisa meluas pembahasannya disaat teliti.

Terstrutuk

Disaat membuat proposal penelitian juga harus memperhatikan struktur penulisan dan urutan proposal. Karena salah satu unsur sangat penting disaat pembuatan proposal penelitian yaitu memiliki urutan rapi dan jelas. Sehingga mampu disaat Dosen membaca tidak akan kebingungan serta memahami jenis penelitian yang anda buat.

Rapi

Salah satu unsur penting dalam pembuatan proposal yaitu rapi. Proposal penelitian yang akan diberikan kepada Dosen haruslah tampil rapi. Dalam artinya tidak ada noda kotor, telah terjilid rapi serta memperhatikan hal-hal penting kepada Dosen sebagai pemberitauhan.

Contoh Cara Membuat Proposal Penelitian

Contoh Cara Membuat Proposal Penelitian

amaldoft.wordpress.com

Dalam pembuatan proposal penelitian haruslah secara sistematis dalam melakukannya serta beri unsur-unsur yang penting dalam proposal penelitian tersebut. Apa aja sih cara sistematika proposal penelitian yang anda harus buat antara lain:

Topik atau Judul Penelitian

Pertama anda sebelum membuat proposal paling utama yaitu menentukan topik atau judul penelitian yang akan dilakukan.  Pada saat ini sekian mahasiswa banyak kendala dan permasalahan disaat akan melakukan penelitian.

Hal ini dikarenakan topik menjadi bagian pokok yang pertama penelitian disaat tugas terakhirnya bagi mahasiswa. Oleh karena itu, anda perlu pahami untuk membuat topik yang unik berbeda dengan yang lain. Juga memiliki sifat real dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sosial masyarakat.

Ada 4 hal yang bisa anda jadikan kerangka membuat topik penelitian menurut Subyantoro dan Suwarto yaitu:

Kemampuan meniliti topik (managable topic)

Anda harus bisa melihat kemampuan peneliti yang terkait topik yang dibahas. Apakah bisa memecahkan topik sesuai dengan kemampuan, sumber bacaan, pembiayaan, serta mampu menyelesaikan topik dalam waktu target anda.

Kemudahan memperoleh data (optainable data)

Faktor yang bisa jadi penunjang penelitian anda adalah bagaimana cara membuat peneliti mudah mendapatkan data-data yang dibutuhkan untuk topik. Kemudian juga, bagaimana cara peneliti dapat memperhitungkan disaat memperoleh data-data. Serta jangan lupa kasih data cadangan sebagai sumber data jika apabila terdapat masalah yang tidak diinginkan.

Topik cukup penting untuk diteliti (significance of topic)

Topik dipilih anda berdasarkan kepentingan bahwa topik yang dibahas memang lah sangat penting untuk diteliti. Contoh, apakah penelitian anda bisa berguna untuk kepentingan masyarakat dan akademis?.

Topik menarik untuk diteliti (interesed topic)

Topik ini didasarkan oleh minat diri sendiri dan munculnya semangat baru saat dalam penelitian. Tujuan dan rasa penasara dalam mencari kebenaran, maka peneliti berniat untuk mengangkat topik yang dibahas penelitian ini.

Setelah anda sudah mengetahui jenis-jenis penelitian serta penjelasan yang nantinya akan diteliti oleh peneliti atau mahasiswa. Setelah itu anda membuat kerangka proposal penelitian yang akan diajukan kepada Dosen pembimbing.

Biasanya sistematika penulisan proposal penelitian untuk mahasiswa universitas yaitu terdapat tiga bab. Antara lain yaitu bab pendahuluan, bab dasar atau teori, bab metodologi penelitian atau disebut bab alat dan bahan.

Saya akan berikan sedikit penjelasan tentang mengenai sistematika penulisan proposal penelitian yang anda wajib ketahui antara lain:

Bab 1 Pendahuluan

Bab yang pertama akan dibahas dalam penulisan contoh proposal penelitian yaitu pendahuluan. Pada bab pendahuluan bahas terkait bagaimana cara anda mencari topik permasalahan dalam penelitian. Disini akan dibahas oleh anda terkait latar belakang, tujuan, manfaat, serta batasan-batasan permasalahan penelitian yang diambil dalam penelitian. Didalam bab pendahuluan banyak pembahasannya antara lain:

A. Latar Belakang

Latar belakang masalah dalam suatu penelitian yang akan menjelaskan terkait dengan melatarbelakangi mengapa penelitian tersebut. Bagian bab ini anda juga menjelaskan terkait hal-hal sebab kenapa penelitian diambil.

Sehingga Dosen mampu memahami proposal penelitian anda dengan baik kenapa penelitian tersebut dilakukan serta permasalahan yang terkait bidang studi mahasiswa.

B. Rumusan Masalah

Setelah anda telah berhasil membuat latar belakang masalah dalam penelitian tersebut yang dilakukan. Sekarang pada bagian bab ini membuat rumusan masalah anda menjelaskan terkait dengan rumusan permasalahan anda yang dilakukan saat penelitian.

Biasanya diuraikan satu persatu berupa pertanyaan dari pembaca terhadap permasalahan tersebut. Serta bagaimana anda memaparkan solusi-solusi yang ditawarkan sehingga bisa meringankan ataupun mengangkat permasalahan tersebut.

C. Batasan Masalah

Dibagian ini anda perlu menentukan batasan masalah dari penelitian yang anda lakukan. Karena ada suatu permasalahan banyak memiliki cabang masalah. Biasanya sering meluas dan membingungkan anda sebagai penelitian. Oleh karena itu anda menentukan dalam sisi atau aspek yang akan anda digunakan penelitian untuk menuntaskan permasalahan tersebut.

D. Tujuan Penelitian 

Bagian ini anda mengisi dengan hal-hal tercapainya dalam penelitian. Sehingga bisa mencapai poin-poin yang anda menentukan di awal mampu tidak meleset dari utama tujuan penelitian.

E. Manfaat Penelitian 

Bagian ini anda harus memamparkan manfaat-manfaat penelitian yang diperoleh dari beberapa sisi. Mulai dari sisi peneliti, sisi tujuan penelitian, dan dari sisi anda bagaiman cara solusi yang ditawarkan mampu bisa mengatasi.

F. Sistematika Penelitian

Bagian ini anda menjabarkan metode-metode apa saja yang dilakukan dalam penelitian untuk menyelesaikan permasalahan. Serta menjelaskan terkait metode anda dalam memberikan solusinya yang begitu tepat.

Bab 2 Dasar Teori

Setelah anda berhasil memahami dan menyelesaikan bab pendahuluan dalam suatu contoh proposal penelitian. Selanjutnya bagaimana mahasiswa mampu menjelaskan dan memberikan kerangka teori secara jelas, sistematis, terbuka, serta logis.

Anda memaparkan dengan baik dasar teori yang ditawarkan mampu memberikan solusi dan sesuai dengan jawaban seputar penelitian yang anda lakukan secara benar dan tepat. Kemudian ada dua hal yang mencakup dasar teori yang sudah biasa dipakai mahasiswa umumnya yaitu:

Tinjauan Pusaka

Bagian yang pertama, peneliti perlu memaparkan terkait dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa lain dengan konteks dan permasalahan yang serupa atau mirip.

Bertujuan supaya memberikan informasi yang terkait penelitian sebelumnya menghadapi sebuah masalah semisal dihadapi oleh peneliti tersebut. Sehingga peneliti yang baru bisa menentukan pilihan langkah dan melakukan tindakan preventif jika ada kesalahan yang terulangi dalam penelitian.

Landasan Teori

Bagian selanjutnya anda memaparkan landasan teori yang dipakai yang ditawar untuk memberikan solusi dari permasalahan penelitian. Perlu anda garis bawahin, mahasiswa perlu dengan bijak menentukan dan memakai dasar teori untuk digunakan. Tidak hanya copy paste saja yang membuat terkesan banyak dan tebal.

Tetapi bagi anda harus menjelaskan dengan baik dan benar bahwa dasar teori yang digunakan tepat sebagai solusi dalam mendukung yang diberikan.

Sudah banyak terjadi mahasiswa yang terjatuh pada bagian landasan teori karena tidak teliti dalam mengambil teori. Sehingga membuat mahasiswa dapat coretan merah dari Dosen pembimbing bertuliskan revisi.

Bab 3 Metodologi

Di bagian terakhir mahasiswa biasanya menjelaskan memaparkan yang terkait dengan penelitian secara sistematis dan susunan dilakukannya. Mulai dari alat, bahan, waktu, lokasi, model, metode, dan teknik analisis data penelitian.

Daftar Pustaka

Tidak usah terlalu terlalu detail, daftar pustaka hanya keterangan sumber yang dikutip. Maupun juga bisa digunakan sebagai referensi dalam menyusun contoh proposal penelitian yang dilakukan.

Sekian dari Mr. Yogs itu beberapa contoh proposal penelitian yang baik dan benar buat anda buat dan memberi kepada Dosen pembimbing. Semoga bermanfaat buat anda dan jangan lupa baca artikel yang lain.

Yakin gak mau komen?