15+ Hiasan Kelas yang Terkece dan Terhits Versi Generasi Milenial (100%)

Hiasan Kelas- Ruang kelas sangat berpengaruh untuk siswa semangat belajar, rata-rata kenyamanan siswa dari kondisi kelas untuk menerima pelajaran. Jika ruang kelas bersih, indah, keren, wangi, cantik, siswa semakin rajin dan bersemangat tinggi untuk datang ke sekolah.

Suasana sekolah mulai dari taman kanak-kanak sampai sekolah menegah pertama. Jika anda seorang guru yang mengharapkan kenyamanan dan semangat siswa saat belajar maka buatlah hiasan kelas. Sehingga mampu memberikan kesan senang kepada siswa siswi dalam pelajaran dimulai.

Guru akan memberikan tugas siswa setiap kelompok untuk membuat jenis-jenis kerajinan tangan. Sebelum saya kasih tau apa saja hiasan kelas, jika belum tau baca dulu pengertian, tujuan, dan lain-lain. Simak di bawah ini!!.

Pengertian Hiasan Kelas

Pengertian Hiasan Kelas

dekoruma.com

Ruang kelas merupakan salah satu faktor penentu siswa rajin atau malas dalam menerima pelajaran. Maka dari itu jagalah kelas dengan sebaik-baiknya supaya memberi nyaman siswa di kelasnya sendiri. Hiasan kelas adalah sebuah karya dari masing-masing siswa maupun guru yang di taruh dalam ruang kelas.

Tujuan Hiasan Kelas

Tujuan Hiasan Kelas

assyafiudin.blogspot.com

Tujuan hiasan kelas sudah tidak asing lagi bagi semua orang, mungkin sudah ada yang tau duluan. Yaitu untuk memberi suasana yang begitu sangat nyaman, sehingga setiap orang masuk ke dalam ruang kelas merasa nyaman dalam belajar. Siswa juga mampu menyerap pelajaran apa yang di jelaskan dari guru.

Cara Membuat Hiasan Kelas

Cara Membuat Hiasan Kelas

dekoruma.com

Sekian ada banyak cara membuat hiasan yang anda pilih untuk ruang kelas. Bisa menggunakan mulai dari kertas origami atau barang-barang yang sudah tak terpakai. Seorang yang ingin menghias ruang kelas harus pemikiran kreatif, sehingga mampu membuat apa saja dari barang yang biasa aja menjadi luar biasa.

Ada banyak sekali macam-macam membuat hiasan kelas serta saya jelaskan jenis-jenis hiasan kelas yang begitu indah dan cantik. Simak di bawah ini sebagai berikut.

Jenis – Jenis Hiasan Kelas

Cara Membuat Hiasan Kelas

cintakasihzucih.sch.id

Beberapa jenis dan macam yang saya jelaskan di bawah ini sebagai berikut.

A. Jenis hiasan dari kertas origami

Banyak sekali ide bentuk menggunakan kertas origami untuk hiasan kelas. Anda tinggal belajar memotong dan menempelkan kertas origami tersebut menjadi bentuk-bentuk yang disukai semua siswa siswi. Apalagi anda memberikan kesempatan siswa untuk membuat hiasan masing-masing mereka makin tambah semangat dalam belajar.

B. Jenis hiasan dari animasi

Hiasan yang jenis ini tidak semua orang membuatnya, hanya orang  dewasa dalam pembuatan hiasan animasi menggunakan alat gambar canggih. Sering kali hiasan ini yaitu lukisan dinding, sehingga menjadi ciri khas hiasan kelas tersendiri.

C. Jenis hiasan dari barang-barang yang tidak terpakai/digunakan

Biasanya yang menggunakan jenis yang terakhir ini dari anak sekolah menengah pertama (SMP) atau atas (SMA). Guru akan memberikan tugas kepada siswa untuk membuat hiasan dari barang-barang yang tidak terpakai. Kemudian kalau sudah jadi untuk ruang kelas.

Ide Menghias Ruang Kelas

Ide Menghias Ruang Kelas

twitter.com

Kelas sebagai tempat belajar mahasiswa untuk menentukan generasi anak bangsa baik atau buruk. Maka dari itu kelas harus menjadi unik dan keren yang disukai dari hiasan ide-ide kreatif siswa.

Apalagi untuk anak-anak yang pra sekolah atau taman kanak-kanak di perhatikan ruang kelas. Anda perlu lingkungan menjadi motivasi untuk siswa menjadi cerdas dan kreatif.

Karena yang bikin siswa betah di ruang kelas dengan cara hiasan dan lebih baiknya siswa siswi serta membantu membuat hias. Beberapa hiasan kelas yang bisa anda terapkan di sekolah simak dibawah ini.

Hiasan Tema Karnaval

Hiasan Tema Karnaval

dekoruma.com

Hiasan tema ini akan membuat suasana kelas menjadi senang dan ceria, tapi anda perlu memilih warna yang sesuai. Disarankan warna yang mencolok supaya mampu memberikan kehidupan semangat siswa dalam belajar.

Karena kesan anda yang inginkan yaitu ceria, pilih beberapa warna dari kuning, merah, biru muda. Kemudian warna ceria tersebut dipadukan dengan warna sekunder  yaitu warna hitam.

Jangan lupa tambahkan hiasan-hiasan dapat menarik siswa untuk datang yaitu adanya tempat main di dalam kelas atau tempat lain. Hiasan ini biasanya digunakan untuk sekolah taman kanak-kanak (TK).

Hiasan Tema Bawah Laut

Hiasan Tema Bawah Laut

dekoruma.com

Hiasan ini tidak cocok untuk ruang kelas, tetapi digunakan untuk ruang membaca siswa. Tema ini sangat lucu dan unik, mampu memberi kesan ruang belajar menjadi dibawah laut. Warna harus sesuai dengan laut yaitu biru dan hijau.

Jika mau lebih kelihatan seperti nyata, berilah visual wallpaper dinding di ruang baca tersebut. Warna yang pas buat wallpaper yaitu biru muda, biru tua, dan ungu. Tambahkan juga hiasan-hiasan seperti ikan, bintang laut, ubur-ubur, dan lain-lain. Mampu memberi kesan seperti ada di laut.

Hiasan Tema Mekanik

Hiasan Tema Mekanik

thegorbalsla.com

Jika anda mengunakan hiasan tema ini untuk kelas haruslah bermain warna. Juga tambah hiasan-hiasan mekanik seperti obeng, baut, gergaji, roda, ring, dan lain-lain. Anda bisa membuat hiasan tambahan tersebut dengan kertas lipat.

Hiasan tema ini sangat cocok untuk sekolah atau ruang kelas di bidang mekanik  atau sekolahan yang membuat tentang robotik seperti lego dan robot. Selain hiasan mampu memberi keindahan dalam kelas, juga bisa untuk mengatur barang-barang siswa supaya terlihat rapi dan bersih.

Hiasan Tema Hitam Putih

thegorbalsla.com

Ruang kelas yang seperti ini sangat lengkap peralatan, sering digunakan untuk sekolah taman kanak-kanak. Tersedia juga banyak ruangan seperti ruang berkumpul, bermain, belajar, perpustakaan mini, dan ruang area guru.

Warna dasar ruang tersebut yaitu hitam dan putih, kemudian tambahan hiasan berupa bangku dan meja serta peralatan yang lain menggunakan warna berbeda.

Hiasan Tema Kemah Area Baca

Hiasan Tema Kemah Area Baca

thegorbalsla.com

Jika mau menarik anak-anak kecil rajin membaca, anda haruslah mengikut imajinasi anak dan kreatif. Contohnya membuat ruang kelas menyerupai keping di alam luas. Ruang baca harus menyediakan tenda dan sofa untuk duduk anak membaca buku, selain itu kondisi ruangan dibuat mirip dengan out door.

Tambahkan juga hiasan tanaman dan bunga serta api unggun, balon api supaya anak-anak betah berlama-lama di dalam kelas sambil membaca buku.

Hiasan Tema Warna-warni

Hiasan Tema Warna-warni

hipwee.com

Tema ini disebut polkadot akan tetapi menggunakan warna berbeda-beda, tambahan hiasan dari balon besar berwarna putih dengan hiasan polkadot kertas warna – warni supaya menjadi lebih unik dan keren.

Hiasan tema ini sangat bermanfaat untuk anak-anak mengetahui macam-macam warna dalam belajar. Anda juga bisa mengajarkan anak-anak menaruh barang-barang miliknya masing-masing sesuai dengan warna.

Sekian dari saya beberapa hiasan kelas yang perlu anda coba di sekolahan., semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan lanjut baca yang lain, sekian terima kasih.

 

Yakin gak mau komen?