Kata Kata Buya Hamka

Yogsalhafidz.com – Selamat datang kembali guys, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kata kata atau qoutes Buya Hamka.

Siapa sih diantara kalian yang tidak kenal sosok Buya Hamka, mungkin sebagian besar sudah pada mengenalnya lebih dalam. Buya Hamka dilahirkan dari keluarga muslim religius.

Ayah beliau bernama Abdul karim bin Amrullah alias Haji Rasul seorang pelopor Gerakan Pembaharuan Islam di Minangkabau. Ayah beliau tercatat sebagai pendiri Sumatera Thawalib, sekolah Islam modern pertama di Indonesia.

Sebelum kita membahas mengenai qoutes Buya Hamka, sebaiknya mengenal beliau dari profil singkatnya sebagai berikut.

Profil Singkat Buya Hamka

kata kata buya hamka terkeren
Buya Hamka
Nama Lengkap Haji Abdul Malik Karim Amrullah
Lahir17 Februari 1908, Sungai Batang, Tanjung Raya, Agam
Meninggal24 Juli 1981, Jakarta
PekerjaanUlama, Sejarawan, Politikus & Sastrawan

Haji Abdul Malik Karim Amrullah yang lebih dikenal dengan Buya Hamka. Beliau adalah seorang ulama, sejarawan, politikus dan sastrawan Indonesia yang namanya sangat terkenal oleh masyarakat.

Beliau seorang salah satu tergolong pembelajar otodidak di berbagai bidang keilmuan. Contoh seperti filsafat, sastra, sejarah, sosiologi dan politik.

Kata Kata Buya Hamka Tentang Sahabat

Kata Kata Buya Hamka Tentang Sahabat
Buya Hamka

Arti Persahabatan

Tidak ada karib atau kerabat yang lebih setia daripada seorang teman yang menyokong dan membantu membesarkan hati memberanikan kita di dalam menempuh suatu perbuatan baik

Buya Hamka

Kita semua pasti membutuhkan sahabat yang selalu ada disaat senang maupun susah bersama-sama. Tetapi jangan asal memilih teman untuk menjadikan sahabat kita, karena teman kadang ada yang suka menyakitkan hati dan membiarkan kita di jalan yang salah.

Sejatinya persahabatan adalah yang selalu mendukung dan membesarkan hati memberanikan kita untuk selalu melakukan perbuatan baik. Disaat melakukan kesalahan selalu memberikan nasehat untuk kita agar sadar.

Menilai Diri Sendiri

Mengenal diri sendiri jauh lebih sukar daripada ingin mengetahui pribadi orang lain. Sebab itu, kenalilah dirimu sebelum mengenal pribadi orang lain

Buya Hamka

Jangan mengenal pribadi orang lain sebelum mengenal diri sendiri lebih dalam. Bahayanya sampai kita menilai orang dari tampilan saja bisa jadi hatinya baik. Misalnya badan orang lain bertato tapi melakukan sedekah setiap hari secara bersembunyi.

Maka lebih baik mengenal dan menilai pribadi diri sendiri untuk selalu berbuat baik. Tapi jangan pernah merasa diri kita baik, karena bisa membawa rasa sombong dan bangga terhadap diri sendiri menjadi celaka.

Kata Kata Buya Hamka Tentang Kehidupan

Kata kata buya hamka tentang kehidupan
Buya Hamka

Teruslah Mencoba

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil

Buya Hamka

Disaat mulai tumbuh dewasa kita memiliki banyak impian yang selalu diharapkan. Kemudian kita berjuang untuk mendapatkan impian tersebut, akan tetapi tidak ada yang instan di dunia.

Kita harus melewati proses untuk mencapai kesuksesan. Ketika merasa gagal bahkan rugi ingin rasanya menyerah. Ingatlah tugas kita bukanlah untuk berhasil, tapi untuk mencoba. Teruslah mencoba sampai kita sukses untuk bisa membantu banyak orang.

Pangkat Dunia

Jaranglah orang berjasa yang mendapat pangkat dunia. Sebab pangkat dunia itu didapat dengan saling berebutan dan saling berkejaran, saling menekan, dan saling memfitnah

Buya Hamka

Sebagian orang ketika sudah mendapatkan pangkat di dunia lupa bersyukur dan melalaikan kewajibannya untuk bersedekah. Harta yang didapatkan belum tentu milik kita semua dan berjasa lah buat orang banyak.

Cara mendapatkan pangkat dengan saling berebutan, saling berkejaran, saling menekan dan saling memfitnah. Maka sebagian orang ada yang menjadi sombong dan merendahkan orang lain.

Kata Kata Bijak Buya Hamka

Kata kata buya hamka patah hati
Buya Hamka

Asal Manusia

Manusia itu asalnya dari tanah, makan hasil tanah, berdiri di atas tanah, dan akan kembali ke tanah. Lalu kenapa masih bersifat langit?

Buya Hamka

Tuhan menciptakan semua manusia berasal dari tanah. Dari semasa kecil hingga dewasa berdiri di atas tanah dan akan kembali ke tanah. Akan tetapi sifat manusia berbeda-beda ada yang baik dan jahat.

Ketika manusia mendapatkan kekuasaan di dunia, sebagian masih ada yang bersifat langit. Misalnya ketika sahabat menemani berjuang dari nol bersama-sama hingga akhirnya salah satu darinya sukses lalu menjadi sombong.

Jangan Takut

Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua

Buya Hamka

Kehidupan seseorang sangatlah berbeda-beda, ada yang dari keluarga sederhana dan keluarga kaya. Ketika berada dari keluarga sederhana pastinya ingin hidup seperti orang kaya yang bisa mewujudkan impian.

Kita akhirnya punya ide mulai bangun usaha atau bisnis supaya kehidupan menjadi lebih baik. Akan tetapi beberapa hari kemudian usaha kita gagal akhirnya menyerah begitu saja. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah.

Kata Kata Buya Hamka Tentang Agama

Kata kata buya hamka
Buya Hamka

Perbedaan Muslim

Jika ingin melihat orang islam maka lihatlah ketika hari raya idul fitri, itulah orang islam. Tetapi jika mau melihat orang beriman maka datanglah ke masjid ketika shalat subuh

Buya Hamka

Agama Islam mengajarkan umatnya untuk shalat berjama’ah di Masjid khususnya kaum laki-laki. Sebagian besar masih ada laki-laki yang jarang shalat di Masjid, bahkan ada yang tidak sholat hanya hari tertentu saja.

Maka ada perumpamaan orang Islam dan orang beriman. Jika kita ingin melihat orang Islam maka lihatlah ketika hari raya idul fitri, itulah orang Islam. Tetapi jika mau melihat orang beriman datanglah ke Masjid ketika shalat subuh.

Harus Seimbang

Iman tanpa ilmu bagaikan lentera di tangan bayi, namun ilmu tanpa iman bagaikan lentera di tangan pencuri

Maksud perumpamaan diatas jika Iman tanpa ilmu ibarat lentera yang di pegang bayi. Orang ahli ilmu lebih besar pahalanya dari ahli ibadah karena orang ahli ilmu mengetahui keutamaan dan manfaat dari apa yang dilakukannya.

Sedangkan orang ahli ilmu tanpa iman ibarat di tangan pencuri. Orang ahli ilmu yang tidak memiliki iman maka akan semaunya melakukan kemaksiatan dan kedzaliman kepada orang sekitar. Maka kita harus memiliki Iman dan Ilmu untuk mencari ridha Allah SWT.

Kata Kata Buya Hamka Tentang Kerja

Kata kata buya hamka tentang kerja
Buya Hamka

Tentang Waktu

Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi orang tua yang masih melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan saat muda

Buya Hamka

Waktu teruslah berputar hingga akhir zaman tiba. Jika kita masih muda maka gunakanlah waktu dengan sebaik mungkin untuk mencari ilmu dan beribadah. Teruslah upgrade potensi diri untuk masa depan sukses agar bermanfaat banyak orang.

Anak muda teruslah mencoba sesuatu, karena jangan menjadi orang tua yang masih melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan saat muda. Teruslah berusaha sampai suara ejekan berubah menjadi suara tepuk tangan.

Jangan Takut

Hanya orang takut yang bisa jadi berani, karena keberanian adalah melakukan sesuatu yang ditakuti. Maka bila merasa takut, anda akan punya kesempatan untuk bersikap berani

Buya Hamka

Kita harus memiliki rasa takut karena jika terus mencoba akan menjadi berani. Keberanian adalah melakukan sesuatu yang kita takut, misalnya kita usaha takut gagal maka memiliki kesempatan untuk bersikap berani.

Kunci kesuksesan adalah rasa takut teruslah belajar memperbaiki diri sehingga memiliki sikap berani dan menjadi orang sukses di Dunia & Akhirat. Perlu kita ingat jangan takut miskin kita punya Allah SWT yang maha kaya, teruslah berdoa dan berusaha.

Kata Kata Buya Hamka Tentang Cinta

Pasangan Sejati

Cari pasangan itu gak mesti mapan, yang penting kamu tahu apa rencana dia untuk ke depannya. Dan profesinya tidak perlu harus ini dan itu. Memang cinta butuh makan, namun ada satu perasaan ketika kamu mau untuk berjuang bersama, maka itu lebih terasa nikmat

Buya Hamka

Ketika kita jomblo tidak sabar untuk nikah maka carilah pasangan yang mau menerima kita apa adanya dan saling mencintai. Pasangan kita tidak mesti mapan dan profesi yang tidak perlu sesuai dengan harapan kita.

Memang benar cinta itu butuh makan, namun ada satu perasaan ketika kamu mau untuk berjuang bersama, maka itu lebih terasa nikmat. Pasangan yang menemani dari nol hingga sukses itulah cinta sejati.

Cinta Suci

Bahwasannya cinta yang bersih dan suci (murni) itu tidaklah tumbuh dengan sendirinya

Buya Hamka

Cinta itu berawal dari kedekatan kita dengan seseorang yang bikin merasa nyaman setiap harinya. Kita mencintai seorang pasti selalu perhatian terhadap pasangan. Ketika berdua selalu bercanda dan tertawa bersama-sama saling melengkapi satu sama lain.

Sekian beberapa kata kata Buya Hamka yang perlu kalian ketahui, terima kasih. Silahkan berkunjung ke website Wisnuadi.

Show Comments

No Responses Yet

Yakin gak mau komen?