12+ Makanan Khas Jawa Timur Sayang Jika Tidak Mencobanya!

Pulau Jawa menyembunyikan makanan khasnya, seperti makanan khas Jawa timur yang enak dan menggugah selera anda.  Jadi anda bisa mencobanya jika lagi di jawa timur sayang jika dilewatkan lho.

Bisa mendapat dua sensasi sekaligus berwisata dan makanan khasnya pasti seru. Apalagi sama keluarga bareng, teman, sahabat, dan kawan.

Menjadi suatu kenangan yang tak terlupakan, oke langsung saja beberapa makanan khas jawa timur unik dan menarik.

Makanan Khas Jawa Timur Maknyus!!

1. Soto Lamongan

nestléIndofoodcitarasindonesia.com

Makanan ini salah satu makanan khas lamongan yang mudah untuk ditemukan oleh anda. Karena sangat sangat terkenal seluruh Indonesia, memiliki variasi cita rasa yang berbeda tapi tetap enak.

Soto lamongan banyak yang menjual selain di kota-kota lain, sehingga tidak peru datang ke kota Lamongan untuk mencobanya. Biasanya soto lamongan menyajikan dengan koya juga sebagai pelengkap bubuk gurih dibuat dari bawang kerupuk udang dan bawang putih.

Tentu anda penasaran dengan rasa koyakan?, silahkan mencobanya disekitar kota anda mungkin ada. Soto lamongan sungguh sangat menggugah selera dan kuahnya yang sangat nikmat ditenggorokan begitu terasa.

2. Bakso Malang

resepkoki.com

Makanan khas Jawa Timur asal kota Malang yaitu bakso malang. Sungguh sudah sangat pupoler dan terhits lho. Karena sudah banyak orang makan di kota-kota lain sehingga mudah ditemukan.

Sangat wajib anda mencobanya, ternyata makanan bakso malang sebagai primadona makanan jenis bakso seluruh Indonesia. Tentunya bakso malang sangat berbeda dengan yang bakso lain.

Bumbu bakso malang terasa dimulut sehinggga memilki kelezatan tersendiri, kalau anda belum mencobanya pasti anda penasaran untuk mencicipinya bareng keluarga.

Baca juga: Inilah fungsi tombol CPI pada mouse gaming

3. Gado-Gado

IDNTimes.com

Makanan yang berasal dari bumbu kacang sangat lezat yaitu gado-gado. Juga makanan khas Jawa Timur satu ini ketika digigit sangat diuji rasanya yang begitu enak dan renyah dimulut.

Ternyata yang menyukai gado-gado bukan orang dalam negeri tetapi sedikit banyak orang luar negeri yang menyukai juga. Sekian banyak orang yang bilang makanan cukup sehat untuk menjaga tubuh.

Kenapa makanan sehat?.karena terdapat menu lauk tambahan seperti kentang, tempe, sayuran, ketupat, dan tahu gimana guys!! bisa jadi daftar menu makanan diet anda.

Gado-gado ada dua rasa sedang dan pedas, anda bisa memilih pesan sesuai selera.

4. Nasi Tumpang

malaysianfood.com

Biasanya kalau ada acara besar ada nasi tumpang. Nah, makanan khas ini berasal dari jawa timur yaitu makanan khas kediri banyak varian rasa citra nasi membuat kelezatan dan nikmat.

Apalagi ada sambal tumpang beh benar-benar super deh, jadi penasaran kan apa sih sambal tumpang?. Sambal tumpang yaitu dari proses tempe bosok yang di campur ayam memperoleh citra rasa lezat.

5. Rawon

selerasa.com

Makanan khas jawa timur ini sudah cukup terkenal dimasyrakat. Apalagi sebagai daftar menu makanan pas ada acara seperti resepsi pernikahan, selamatan, khitanan, dan lain-lain.

Kuah rawon agak sedikit warna coklat hitam yang merupakan ciri khasnya. Rawon biasanya juga disediakan nasi hangat, bawang goreng dan kerupuk, potongan daging ayam kecil.

Semakin nikmat dan gurih rawon ketika di mulut dan rasa kuahnya juga sangat begitu terasa maknyuss!! lho.  Cari rawom disekitar kota anda atau datanglah ke Jawa Timur supaya mendapat citra aslinya.

6. Rujak Cingur

tastemade.com

Makanan khas Jawa Timur yang tidak kalah populernya dengan yang lain yaitu rujak cigur. Proses bahan yang paling utama membuat rujak cigur dari mulut sapi yang sudah diolah dengan bijak.

Tentu anda merasa geli ketika mendengar bahan utama dari mulut sapi ya. Tetapi ada beberap tambahan seperti kacang tanah, petis, gula merah. Jadi sangat nikmat dimulut bikin anda ketagihan mencobanya.

7. Lontong Balap

resepmasakanmjawa.com

Jangan kira makanan khas Jawa Timur satu ini untuk perlombaan balapan lontong ya hahaha. Salah satu makanan khas Jawa timur yang satu ini namanya lontong balap.

Beberapa macam bahan seperti lontong, tauge, tahu goreng, lenthok, bawang goreng, tahu goreng, dan kecap. Jika anda suka pedas tentu bisa memesannya sesuai dengan selera.

Lontong balap ternyata sejak zaman dahulu sampai sekarang masih terkenal lho. Apalagi menjadi daftar menu makanan favorit masyarakat kota Jawa Timur.

Kalau dulu lontong balap cara proses pembuatannya dengan cara dipukul dan pedagang bawa keliling untuk menjualnya. Makanan khas Jawa Timur lontong balap menjadi paling legendaris lho.

8. Pecel

indonesiakaya.com

Makanan khas satu sangat banyak penjualnya dikota Jawa Timur, saya juga suka makan pecel jika sarapan pagi. Pecel makanan sederhana tetapi sangat banyak idolanya wisatawan pecinta kuliner.

Setiap masing-masing kota mempunyai memliki pecel citra khas sendiri-sendiri. Pecel di kota Magetan sebagai lauk tambahan seperti bakwan, kerupuk, disiram kacang, sayur-sayuran. Ketika saya mencobanya saya langsung suka memakannya.

Ternyata pecel juga merupakan salah satu favorit para santri sebagai sarapan pagi. Jadi jika anda berkunjung ke kota Jawa Timur sayang tidak mencobanya.

Harga pecel sangat murah sepiring hanya Rp4.000 ribu saja lho. Anda bisa makan sampai sepuasnya haha.

9. Tahu Tek

tribunnews.com

Makanan satu bahan utamanya tahu. tahu digoreng setengah matang kemudian masukin ke piring dikasih bahan-bahan lainnya. Seperti tauge, potongan lontong, timun dan kentang goreng.

Setelah itu dikasih bumbu kacang enak terasa dimulut jadi bisa anda harus mencobanya.

10. Rujak Soto

malangvoice.com

Makanan khas satu ini juga sangat populer dan terhits yaitu rujak soto, proses pembuatan perpaduan antara rujak dan soto. Saat ini kota Banyuwangi banyak menjual rujak soto diberbagai tempat.

Makanan khas rujak soto juga menjadi favorit banyak masyarakat. Soto dan rujak jika tersendiri sudah enak apalagi digabungkan sangat enak dan lezat.

Jika anda penasaran makanan khas rujak soto langsung aja datang ke kota Jawa Timur banyak yang menjualnya. Sayang jika anda tidak mecobanya.

11. Pecel Lele

duniakerja.com

Siapa sih yang tidak kenal makanan pecel lele, yaitu salah satu makanan khas Jawa Timur. Sudah banyak kota yang menjual pecel lele dan menjadi populer masyarakat.

Pecel lele berasal Kota Malang juga paling terkenal, proses bahan utama lele yang digoreng hingga gurih dan renyah. Setelah itu dicampur dengan sambal khasnya pecel lele dan lalapan menjadi pelengkap makan.

Lalapan seperti timun dan kemawangi jadi sangat lezat jika memakannya. Anda tidak usah perlu datang jauh-jauh ke kota Jawa Timur, cari saja sekitar kota anda sudah banyak menjualnya.

12. Sate Madura

jatik.com

Makanan khas Jawa Timur yang berasal dari madura yaitu sate, menjadi sangat populer seluruh kuliner indonesia dan banyak yang menjualnya. Sate Madura tidak lagi diragukan kelezatannya oleh masyarakat.

Bahan utama sate Madura yaitu daging kambing dan daging ayam, anda tinggal milih jika memesannya. Juga ada bumbu kacang, bawang merah, dan petis. Menjadi citra rasa yang sangat luar biasa.

13. Brem

wikipedia.org

Jika anda pergi ke kota Jawa Timur salah satu oleh-oleh yaitu brem. Pusat oleh-oleh brem dikota Madiun sudah banyak menjualnya bisa anda membelinya.

Brem proses pembuatannya dari sari ketan kemudian di olah menjadi sehingga menjadi kering dan jadilah brem makanan khas Jawa Timur.

Sekian dari itulah ulasan makanan khas Jawa Timur yang harus anda ketahui dan mencobanya jika berwisata di kota Jawa Timur. Jangan lupa subcribe website ini supaya mensport saya untuk mencari artikel-artikel yang menarik dan cocok untuk anda. Sekian dari saya.

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Yakin gak mau komen?