15 Makanan Khas Jogja yang Terhits dan Terkece Sekota Jogja!!

Kota Jogja sering disebut daerah istimewah, sungguh nikmat dan menggoda jika anda berkunjung ke Jogja berwisata kaya akan budaya Indonesia. Selain itu juga ada makanan khas Jogja lezat dan populer oleh banyak wisatawan kuliner.

Makanan khas Jogja apa saja sih yang kita harus mencicipinya bareng keluarga, teman, sahabat, istri. Ini dia beberapa makanan khas yang unik:

1. Gudeg

makanan khas jogja nasi enak

goodfndonesianfood.com

Nama makanan khas Jogja satu ini sangat tidak asing lagi terdengar oleh anda. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Makanan khas ini berwarna coklat karena biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak secara bersamaan.

Ada tiga jenis gudeg yaitu gudeg basah, gudeg manggar, dan gudeg kering. Nah, anda bisa memilih mau gudeg sesuai selera anda dan bisa dibawa untuk oleh-oleh keluarga yang sangat dicintai.

Tapi disarankan membeli gudeg kering karena bisa bertahan lama. Jika anda ke Jogja, tidak perlu bingung mencari gudeg sudah banyak warung-warung yang menyediakan.

Gudeg disantap dengan nasi dan tambahan kuah santan kental (areh), telur ayam, ayam kampung, tahu, sambal goreng krecek, tempe bacem. Jadi sangat sangat nikmat anda mencicipinya.

2. Krecek

Sambal enak khas jogja

resepkuekering-ku.com

Ternyata sambal krecek satu juga merupakan makanan khas Jogja sebagai pendamping gudeg. Sudah banyak dari wisatawan dalam maupun luar negeri yang mencintainya sambal krecek.

Krecek merupakan kerupuk kulit dimasak bersamaan dengan sambal jadi menciptakan rasa pedas dan gurih sangat nikmat disantap untuk anda.

Baca Juga Ya: Makanan Khas Maluku yang Terkenal Oleh Banyak Wisatawan Luar!!

3. Bakpia Pathuk

Kue kering dan gurig khas jogja

rumahmesin.com

Anda bingung mau beli oleh-oleh apa di kota Jogja. Makanan khas Jogja yaitu bakpia pathuk sangat cocok buat oleh-oleh khas untuk keluarga anda di rumah.

Bakpia pathuk terbuat antara campuran kacang hijau dan gula yang dibalutin dengan kulit. Dan bahan utamanya yaitu dari tepung yang kemudian dipanggang sehingga sangat nikmat di mulut anda.

Tekstur bakpia diluar krispy dan kembut didalam jadi bisa memanjakan lidah dan menggugah selera anda. Di zaman ini bakpia mempunyai rasa isi yang berbeda-beda.

Seperti rasa durian, cokelat, keju, dan masih banyak lagi. Jadi anda bisa memilih rasa sesuai dengan selera yang anda suka.

4. Yangko

Kue kering dan gurig khas jogja

resepnusantara.com

Makanan atau jajanan khas Jogja yaitu yangko. Sudah banyak yangko dijual berbagai toko oleh-oleh yang bervariasi. Yangko sendiri memiliki bentuk yang khas dan tidak pernah berubah pertama kali dibuat.

Bentuk yangko yaitu kotak dengan tekstur lembut dan kenyal. Rasanya manis dan sangat gurih, karena ada sedikit taburan tepung khas menjadi salah satu ciri yangko.

5. Oseng-oseng Mercon

DapurKOBE.com

Jika anda pecinta kuliner pedas. Nah, anda wajib mencicipinya oseng-oseng mercon salah satu menu makanan khas Jogja. Oseng-oseng mercon di wisawatan terkenal pedasnya sangat luar biasa.

Proses pembuatan oseng-oseng mercon dari bahan daging sapi yang dimasak bersama sambal yang sangat banyak menjadi salah satu ciri khasnya. Kalau anda tidak suka pedas, anda tinggal memesannya oseng-oseng mercon tanpa memakai campuran cabai.

6. Sate Klatek

Javanewsonline.Com

Anda pecinta daging kambing atau sate kambing. Nah, jika anda berkunjung ke Jogja anda wajib mencobanya makanan khas Jogja yaitu sate klatek yang paling enak. Sate klatek memiliki keunikan berasal dari daging kambing yang masih muda.

Cara menusuknya dengan menggunakan jeruji, berbeda dengan sate yang lain. Bumbu sate klatek pun sedikit berbeda juga sama yang lain, terus ditambah siraman kuah gulai menggugah selera anda.

Baca Juga Ya: Makanan Khas Palembang Harus Mencoba Sebelum Anda Menikah!!

7. Sate dan Tongseng Petir

tribunnews.com

Makanan khas Jogja satu ini berada di daerah Ringroad selatan. Sate dan tongseng petir paling utama dicari oleh wisatawan kuliner pecinta pedas. Pedagang akan menyuguhkan seporsi sate dan tongseng petir maka akan terasa nikmat memakan kedua kuliner pedas ini anda wajib coba.

8. Cilok Gajahan

detikFood.com

Makanan cilok ini berbahan tepung berasal dari Jawa Barat. Tetapi cilok gajahan ini mampu membuktikan menjadi makanan khas Jogja dan terkenal oleh banyak masyarakat.

Di dalam isi cilok gajahan terdapat daging cincang jadi membuat cilok kenyal-kenyal sedikit gurih. Sudah banyak warung-warung yang menjual cilok gajahan anda tidak perlu bingung mencarinya.

9. Cenil Jogja

Kumpulanresepmasakansederhanatradisionalnusantara.com

Cenil merupakan makanan ringan juga salah satu daftar menu makanan khas Jogja. Cenil terbuat dari pati ketela pohon. Cenil beraneka macam bentuk bisa bulat-bulat atau kotak.

Setelah itu cenil diberikan warna sesuai dengan selera sebelum direbus. Cenil biasanya disantap dengan taburan gula pasir dan parutan kelapa di atasnya.

Baca Juga Ya: Makanan Khas Jawa Timur Sayang Jika Tidak Mencobanya!

10. Geplak

gudegnet.com

Geplak salah satu daftar kue tradisional dan juga termasuk makanan khas Jogja yang masih populer dan unik hingga saat ini. Adonan geplak terbuat dari kelapa parut dicampur antara tepung dan gula.

Geplak sungguh mempunyai bentuk yang unik yaitu bulat-bulat dan berwarna apa saja sehingga bikin anda gemas memakannya.

11. Sate Kelinci Mbah Ganis

samastamagz.com

Anda pasti sudah ketabak sate ini berasal dari namanya ya, benar yaitu dari daging kelinci. Proses pembuatan daging kelinci dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan lidi kecil setelah itu dibakar.

Biasanya warung mbah Ganis bukanya pada malam hari jadi sangat cocok buat anda mencari daging yang hangat-hangat.

12. Bakmi Jogja

njogjatours.com

Anda pecinta bakmi maka anda harus mencobanya makanan khas Jogja bakmi. Olahan bakmi Jogja berasal dari bahan bakmi rebus kemudian dicampur dengan bumbu khas Jawa.

Tidak hanya bakmi Jogja, ternyata juga ada bakmi nyemek yaitu bakmi yang sedikit kuah menjadi tekstur kental dan manis. Penjual yang paling banyak wisatawannya di warung bapak pak Lele terdekat di daerah alun-alun kidul.

13. Gatot Gunung Kidul

tribunnews.com

Selain bakpia dan gudeg berasal dari gunung kidul. Ternyata juga ada makanan khas Jogja ringan yaitu gatot. Gatot terbuat sejenis singkong sudah dikupas setelah itu di jemur langsung biar cepat kering.

Sehingga makanan gatot gunung kidul berkualitas buat anda. Jika mendaki ke gunung kidul tidak mecoba gatot sayang dilewatkan.

Baca Juga Ya:  Makanan Khas Sunda yang Sangat Populer Cocok Buat Zaman Now

14. Sego Kucing

foody.id

Sego kucing merupakan makanan khas Jogja yang terbungkus oleh daun pisang dengan campuran antara ikan teri, sambal, tempe diatasnya. Anda pasti bingung kenapa kok dinamakan sego kucing?.

Karena nasi ini disajikan dalam porsi yang kecil, hanya beberapa kali suapan mulut saja. Mirip seperti makanan kucing hihihi. Angkringan biasanya banyak menjual sego kucing ini.

15. Walang/Belalang Goreng

eksotisjogja.com

Anda pengen rasain makan unik-unik?. Nah, anda bisa mencoba saja makan berasal dari makanan khas Jogja yaitu belalang goreng. Anda pasti geli memakannya tatepi mempunyai rasa yang lezat dan gurih di mulut.

Letak makanan khas Jogja ini berada pantai di Wonosari. Belalang goreng sudah banyak yang membelinya dan bahkan terpopuler. Ternyata belalang juga memiliki banyak kandungan gizi di dalam untuk kesehatan.

Itulah ulasan tentang beberapa makanan khas Jogja terunik, terkece, terpopuler, terhits se kota Jogja pokoknya. Jadi sangat sayang tidak mecobanya satu persatu semuanya bareng keluarga.

Show Comments

No Responses Yet

Yakin gak mau komen?