10+ Makanan Khas Maluku yang Terkenal Oleh Banyak Wisatawan Luar!!

Maluku terletak didaerah di kelilingi oleh wilayah perairan Indonesia. Juga memiliki banyak pantai yang indah dan cantik yang banyak dikunjungi oleh wisatawan luar maupun dalam negeri. Tidak hanya terkenal pantainya saja tetatpi juga ada makanan khas Maluku yang kebanyakan berbahan dasar ikan.

Masyarakat Maluku makanan pokoknya adalah sagu bukan nasi seperti kita di wilayah barat. Jika anda berwisata ke Maluku jangan lupa mencoba kuliner dijamin bikin ketagihan untuk menambah makan lagi. Langsung saja.

Daftar menu makanan khas Maluku yang lezat dan populer:

1. Gohu Ikan

makanan terlezat

Phinemo.com

Di negara jepang makanan khas maluku ini bernama sashimi, kalau di Indonesia khususnya kota Maluku namanya gohu ikan. Bahan utama gohu ikan daging ikan mentah berasal dari ikan cakalang dan ikan tuna.

Proses pembuatan sedikit mudah hanya memotong daging seperti dadu. Setelah itu langsung mencuci dan dilumurin dengan perasan lemon dan garam.

Diamkan adonan hingga beberapa menit. Biasanya untuk menambah selera makanan khas Maluku gohu ikan ada tambahan bumbu seperti tumisan cabe rawit dan bawang merah. Bumbu itu langsung dituangkan di atas ikan dan aduk hingga rata.

Tambahkan pemanis daun kemangi dan taburan kacang tanah sudah ditubuk di gohu ikan sebagai mempercantik tampilan. Sudah siap disantap makanan khas Maluku gohu ikan yang lezat bisa menggoyang lidah anda.

Tidak usah pergi jauh ke negara Jepang hanya untuk memakan daging ikan mentah. Jadi cukup datang ke Maluku saja tidak kalah enaknya. Anda penasaran langsung saja datang!!.

2. Ikan Hua Pala Banda

makanan kuliner khas maluku

qraved.com

Makanan khas Maluku ini berasal dari kepulauan Banda dilihat dari namanya yaitu ikan hua pala Banda. Memang masyarakat Maluku sungguh banyak kreatifnya, ikan hua pala banda salah satu kreasi kuliner Maluku.

Ikan hua pala banda sangat disukai oleh masyarakat banda karena aroma sangat menggugah selera makan jadi anda wajib mencobanya. Jika anda berkunjung ke salah satu rumah masyarakat banda pasti salah satu jamuan hidangan makanan ikan hua pala banda. Menjadi tradisi banda untuk tamu-tamunya.

Kepulauan Banda terkenal banyak penghasil rempah-rempah komoditu sejak jaman dahulu masih penjajahan Belanda terhadap Indonesia. Sehingga kelezatan ikan hua pala banda tidak bisa diragukan lagi oleh wisatawan.

Bahan utamanya yaitu ikan kakap atau ikan kerapu. Juga ada tambahan campuran bumbu seperti pala, merica, dan jenis-jenis rempah lain. Pejabat atau orang petinggi-petinggi belanda makanan istimewah salah satunya makanan khas Maluku yaitu ikan hua pala banda.

Keistimewahan dari ikan hua pala banda selain dari cita rasa ikan. Akan tetapi kuah juga memiliki rasa khusus yang nikmat dan menggoda karena banyak rempah-rempah digunakan.\

Baca Juga Ya: Makanan Khas Jogja yang Terhits dan Terkece Sekota Jogja!!

3. Ikan Komu Asar

Kuliner ikan khas maluku

inisayadanhidupsaya. wordPress.com

Asar juga memiliki arti yaitu proses pengasapan. Ikan komu asar berbahan dasar berbagai jenis ikan seperti komu, cakalang, tongkol, dan tuna masih segar. Proses pembuatannya ikan dibersihkan pakai air hingga bersih merata lalu dikasih bumbu khas maluku.

Setelah semua ikan selesai diberi bumbu habis itu ikan ditusukan menggunakan bambu. Fungsinya bambu sebagai penopang ikan disaat proses pengasapan. Waktu pengasapan ikan membutuhkan kurang lebih satu jam lebih.

Seluruh masyarakat Maluku pasti kenal dengan makanan khas ini. Jadi jika anda berwisata ke Maluku anda sangat mudah mendapatkan ikan komu asar untuk mencobanya.

Ikan komu asar sangat cocok disantap dengan nasi hangat dan colo-colo. Selain anda bisa mencicipinya ditempat, anda pun bisa menjadinya oleh-oleh khas Maluku untuk keluarga dirumah.

Karena ikan komu asar memiliki khusus daya tahan hingga 7 hari tidak mudah basi dijalan, jadi nda tidak perlu khawatir. Pasti ibu, ayah, istri, dan anak-anak suka memakan dan dijamin ketagihan hihihi.

4. Papeda

Makanan unik khas maluku

Bello.id

Makanan khas Maluku satu ini berbahan dasar utama dari sagu. Papeda juga merupakanan makanan khas di daerah timur Indonesia. Memiliki tekstur yang begitu lengket, warnanya putih agak pucat.

Ternyata papeda mempunyai manfaat untuk kesehatan jika dibandingkan nasi. Bagi anda yang sedang menjalankan diet makanan papeda sangat cocok buat daftar menu makanan diet.

Papeda juga ada tambahan lauk untuk menemaninya. Seperti ikan kuah pala banda dan ikan kuah kuning sebagai penambah lezat saat disantap.

Jika anda mencoba papeda dengan sendok tidak akan mudah mengambilnya. Caranya dengan memakai sumpit yang sudah disediakan karena memiliki tekstur yang lengket.

Baca Juga Ya: Makanan Khas Palembang Harus Mencoba Sebelum Anda Menikah!!

5. Nasi Jaha

nasi kuliner

merahPutih.com

Makanan khas Maluku yang terbuat dari nasi yaitu nasi jaha. Bahan utama berasal dari beras ketan dan santan kelapa lalu dibungkus menggunakan daun pisang yang masih muda.

Banyak orang maluku yang bilang nasi jaha sebagai makanan yang mengenyangkan. Karena nasi jaha memiliki ukuran dan panjang diameter 30-50 cm kalau belum dipotong. Ternyata ada yang mencapai 1 meter.

Cita rasa nasi jaha sungguh luar biasa tak diragukan lagi. Perpaduan antara santan dan beras kentan dicampur keduanya. Juga tambahan aroma nasi jaha yang sudah dibakar begitu sangat gurih dan lezat menggoyang lidah anda.

6. Sagu Woko Komo-komo

makanan khas unik

youtaker.com

Nama makanan khas Maluku ini sangat unik yaitu sagu woko komo-komo. Pasti sudah ketebak bahan utamanya dari namanya pasti sagu atau tepung sagu. Beberapa tambahan bahan dasar seperti bawang putih, serai, jahe, dan jeroan ikan.

Sagu woku komo memiliki ciri khas yang tersendiri yaitu makanan dibungkus dengan menggunakan daun woku. Sudah banyak masakan lain yang bungkusnnya dengan daun woku. Salah satunya sagu woku komo masakan khas Maluku.

Anda berpikir jeroan ikan tidak layak dicoba untuk memakannya. Tapi!!, anda akan menyesal kalau tidak mencicipinya karena rasa legit dan gurih akan nikmat saat disantap.

Anda bisa menambah lauk seperti papeda dan nasi sebagai penambah nikmat.

Baca Juga Ya: Makanan Khas Jawa Timur Sayang Jika Tidak Mencobanya!

7. Sambal Colo-colo

sambal terunik

cookpad.com

Makanan khas Maluku satu ini hanyalah sebagai pendamping, seperti pada sambal lainnya. Sambal colo-colo gak akan lezat kalau tidak ada tambahan lauk makanan. Sebaliknya, makanan gak akan lezat kalau tidak ada sambal colo-colo.

Bahan proses sambal colo-colo seperti bawang merah, cabe rawit, tomat muda, jeruk nipis, dan garam. Pembuatan sambal colo-colo cukup sederhana dan simpel. Bahan yang tadi sudah disebutkan dicampur semua dan diberi air perasaan jeruk nipis.

Jangan lupa tambah air hangat dan garam juga tambahan kecap manis sedikit supaya rasanya lezat dan nikmat. Biasanya sambal colo-colo disajikan dengan papeda, ikan bakar, ikan asar, dan ikan bakar.

Jika anda penasaran buatlah sambal colo-colo dirumah sebagai daftar menu makan anda. Sangat simpel dan praktis, selamat mencoba.

8. Bubur Sagu Ubi

bubur populer

vemale.com

Makanan khas Maluku sama juga terbuat dari bahan sagu. Bubur sagu mirp dengan kolak ubi yang biasa kita beli pas ramadhan untuk berbuka puasa. Perbedaan cuman ada tambahan sagu sedikit dalam makanan khas satu ini.

Proses cara pembuatan bubur sagu agak susah dan gampang. Gampangnya bubur sagu ini pembuatannya sama dengan kolak. Sedangkan susahnya dalam proses pembuatan sagu butuh keahlian yang khusus untuk rasa lebih lezat.

Sagu harus direndam terlebih dahulu sebelum mencampur dengan bahan yang lain. Seperti ubi, daun pandan, gula merah, gula pasir sudah direbus. Wanginya daun pandan dan bahan-bahan yang lain membuat makanan khas Maluku ini menjadi cita rasa yang lezat dan sedap.

Kenikmatan yang tidak terkalahkan oleh bubur yang lain. Juga ada tambahan santan dan taburan kenari bisa membuat anda ketagihan dan menggoyang lidah.

9. Nasi Iapola

nasi kuliner unik

nadipos.com

Makanan khas Maluku dari bahan beras dan kacang tolo. Nasi iapola sangat terkenal dan populer di masyarakat maluku. Proses cara pembuatan tidak terlalu sulit untuk mecobanya langsung saja.

Beras terlebih dahulu dicuci hingga bersih kemudian dimasak dengan api yang kecil hingga setengah matang setelah itu dicampurkan dengan kacang tolo rebus, garam dan kelapa parut.

Semua bahan sudah dicampur kemudian diaduk hingga rata, Sudah rata, langsung nasi dikukus sampai sekitar 15-30 menit hingga matang. Nasi iapola sudah selesai langsung disantap.

Baca Juga Ya: Makanan Khas Sunda yang Sangat Populer Cocok Buat Zaman Now

10. Kohu-kohu

kuliner khas maluku

asditaprasetya.com

Makanan khas satu ini mirip dengan urap,tetapi berbeda. Perbedaannya dengan kohu-kohu ada suwiran ikan cakalang sebagai memperkaya cita rasa unik dan lezat.

Biasanya juga ada tambahan makanan seperti pisang, talas, singkong, dan ubi jalar sudah direbus atau kukus. Tentu akan berbeda rasa urap dengan nasi. Beberapa bahan dasar kohu-kohu seperti kacang pajang, tauge, mentimun, dan daun kemangi.

Ok itu lah makanan khas Maluku yang enak dan populer. Wajib anda mencobanya jika berkunjung ke Maluku. Selain itu juga ada makanan khas Sunda.

 

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Yakin gak mau komen?