15+ Makanan Khas Palembang Harus Mencoba Sebelum Anda Menikah!!

Kota Palembang tidak hanya terkenal wisatanya aja yang keren dan menerik. Tetapi ada makanan khas Palembang yang bisa anda mencicipinya sambil berwisata.

Bahkan destinasti wisata kuliner Palembang paling banyak disukai oleh wisatawan lokal maupun internasional. Sudah banyak makanan khas yang menjual di kota-kota lain.

Jadi bukan pempek saja yang terkenal masih banyak makanan khas  yang enak dan terlezat ingin anda memakan sampai sepuasnya.

Langsung saja ini beberapa makanan khas Palembang berbagai macam menu varian unik.

Menu Makanan Khas Palembang

Pempek

idntimes.com

Makanan khas Palembang satu ini sudah sangat terkenal di kota-kota dan rata-rata orang sudah memakannya. Bahan proses pembuatan pempek dari ikan, tepung dan sagu. Juda ada kuah cukanya yang lezat dan kental sangat nikmat.

Sudah banyak variasi menu pempek yang dibuat masyarakat Palemban. Seperti pempek kapal selam, pempek keriting, pempek lenjer, pempek adaan, dan yang lain-lain masih tetap nikmat.

Pempek sangat mudah dicarinya di sekitar kota anda tetapi buatan asli orang palembang sangat enak berbeda sama yang lain.

Tekwan

nestléindofoodcitarasaindonesia.com

Bahan utama membuat makanan khas palembang yaitu tekwan sedikit sama dengan pempek. Perbedaannya hanya bulat-bulat kecil mirip dengan bakso ikan.

Tekwan disediakan dengan kuah kaldu udang juga sedikit tambahan taburan potongan seledri, bawang goreng, taburan daun bawang, bihun.

Tekwan sangat enak disantaop jika keadaannya masih hangat dan panas membuat ketagihan memakannya dan ingin mencobanya lagi.

Baca Juga Ya: Makanan Khas Jogja yang Terhits dan Terkece Sekota Jogja!!

Laksan

bukalapak.com

Makanan khas Palembang satu ini sangat nikmat dan maknyus disantap dipagi hari, proses bahan pembuatannya dari tepung sagu dan ikan. Makanan laksan mirip seperti pempek lenjer tebal dipotong melintang juga ada tambahan kuah santan.

Celimpungan

pedomanbengkulu.com

Makanan khas Palembang satu ini merupakan keturunan pempek dan mirip dengan laksan yaitu celimpungan. Tetapi adonannya seperti tekwan lebih besar dan juga disiram kuah santan.

Bahan penambah rasa nikmat dan maknyus seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lada, garam, dan daun salam. Sedangkan kuah santannya sangat lezat nikmat ditenggorokan.

Makanan khas celimpungan sangat sulit ditemukan biasanya hanya muncul di hari raya idul fitri/lebaran.

Burgo

KSMTour.com

Proses pembuatnya dari bahan adonan tepung sagu dan tepung beras setelah itu dimasak mirip dengan dadar tipis. Sebelum digulung dan iris-iris kasar, makanan burgo mirip sama kwetiaw.

Kuahnya yang gurih begitu terasa sangat nikmat disantap. Proses racikan kuahnya dari bahan santan dan aneka bumbu seperti kunyit, ketumbar kencut, lengkuas, kemiri dan bawang putih.

Ada pelengkapnya yaitu hidangan daging ikan yang disuwir, bawang goreng, dan potongan telur ayam rebus. Juga ada sambal dan jeruk nipis sebagai penambah rasa. Tempat yang paling enak dikunjungi yaitu di warung Aba.

Baca Juga Ya: Makanan Khas Maluku yang Terkenal Oleh Banyak Wisatawan Luar!!

Martabak Har

kordanews.com

Makanan khas Palembang ini berasal dari negara India yaitu martabak har menjadi makanan khas palembang. Bahan-bahan utamanya yaitu telur bebek. telur ayam, tepung terigu, kari ayam, dan kentang.

Memiliki keistimewahaan kulit yang begitu renyah walaupun berasal dari negara India. Sudah banyak menjual di kota palembang di pinggir jalan raya.

Kue Maksuba

bukalapak.com

Makanan khas Palembang satu berasal dari bahan utama yaitu telur bebek dan susu kental manis. Membutuhkan telur satu adonan dapat sekitar 28 butir. Mengolah adonannya seperti dengan proses pembuatan kue lapis.

Kue maksuba terasa legit, enak, dan manis. Ternyata kue ini merupakan makanan khas kesultanan di kota Palembang lho. Nah, sekarang sudah banyak muncul di hari raya.

Es Kacang Merah

tribunnews.com

Sudah begitu banyak yang menjual es kacang merah di warung-warung makanan khas kota Palembang. Es kacang merah dengan teksurnya yang sangat lembut, sedang, dan keras sesuai dengan pesanan anda.

Tampilan warna kacang sangat merah bikin menggugah selera untuk meminumnya apalagi dengan campuran santan dan gula jawa pasti tambah nikmat.

Tempoyak

tribunnews.com

Makanan khas Palembang satu ini berasal dari tumisan daging durian asli dengan potongan cabai dan bawang yaitu tempoyak. Teksturnya sama seperti saus yang merupakan sebagai penikmat makan.

Rasa tempoyak juga gurih dan sangat unik kalau anda belum mencobanya. Rata-rata orang palembang menikmatin tempoyak dengan adanya pindang ikan patin sebab citra rasa yang begitu sangat nikmat.

Baca Juga Ya: Makanan Khas Jawa Timur Sayang Jika Tidak Mencobanya!

Lenggang

tribunnews.com

Makanan lenggang berasal dari olahan bahan ikan kemudian di campur telur yang sudah dikocok. Setelah itu ditempatkan diatasnya daun pisang sudah dibentuk.

Proses pemasakan lenggang caranya dipanggang. Daun pisang jika dipanggang akan memberi aroma pada lenggang jadi mempunyai aroma makanan khas tersendiri.

Kemplang

bukalapak.com

Ada 2 jenis kemplang yaitu kemplang sagu dan kemplang ikan. Kemplang ikan teksturnya biasanya lebih padat dibandikan dengan kemplang sagu. Kemplang ini tergolong makanan khas Palembang

Sekian orang banyak yang salah mengartikannya antara kerupuk dan kemplang. Perbedaan kerupuk dan kemplang adalah cara pada proses pembuatan. Kerupuk biasanya memakai penggorengan sedangkan kemplang dibakar. Kemplang juga ada saus cabe merah sebagai penikmat makan.

Mie Cilor

bisnisbandung.com

Mie cilor merupakan mie yang dikasih kuah santal yang begitu kental dan campuran kaldu udang. Juga ada sayur-sayuran seperti toge. Mie cilor memiliki bentuk tebal seperti udon, berbeda dengan mie-mie lain.

Mie cilor kuahnya yang begitu sangat gurih dan kental jadi cocok buat anda pecinta mie harus mencobanya makanan khas Palembang.

Baca Juga Ya:  Makanan Khas Sunda yang Sangat Populer Cocok Buat Zaman Now

Kue Lumpang

bacaterus.com

Makanan khas Palembang yang satu ini kue lumpang yang memiliki warna hijau dengan campuran parutan kelapa sedikit garam kemudian dikukus. Nama kue lumpang berasal dari bentuk tengah yang berlubang.

Kue lumpang juga memiliki kue tekstur yang empuk dan sangat lembut. Rasanya manis terasa di lidah. Makanan khas Palembang kue lumpang sangat cocok buat sarapan pagi tambah kopi jadi sangat nikmat anda mecobanya.

Dadar Ijo

bahandanresep.com

Kue yang satu ini sangat begitu unik terinspirasi dari pempek pistel. Dadar ijo yang berisi pepaya mudah yang sudah ditumis dengan campuran santan dan kulit kue dari telur, air, dan terigu.

Juga ada hiasan bawang goreng dan irisan cabe merah terinspirasi oleh kue gandus. Dadar ijo cocok buat cemilan pagi ataupun sore. Makanan khas Palembang dadar ijo sangat cocok buat oleh-oleh dirumah

Pangsit Ikan

resepnusantara.com

Makanan khas Palembang yang berkuah lagi yaitu Pangsit ikan. Proses olahan berasal dari bahan daging ikan yang dibungkus oleh kue pangsit. Kuah pangsit ikan juga bisa dibuat seperti tekwan.

Menikamti pangsit ikan cocok sebagai menu makan siang sambil bareng makan tekwan. Banyak variasi rasa kuah pedas dengan sambal hijau cocok buat pecinta pedas.

Lempok Durian

dapurtehenur.com

Lempok ini berasal dari durian asli, teksturnya sangat berbeda dengan dodol yang biasa anda makan. Lempok durian rasanya manis sangat manis juga teksturnya lembut dan berserat.

Jika belum mencobanya, anda wajib mencobanya untuk mengatahui rasa dan teksturnya. Jika anda memakan lempok durian jangan meminum-minuman yang bersoda karena asli buah durian. Jadi sangat berbahaya terhadap lambung anda jika terkena soda.

Itulah ulusan makanan khas Palembang wajib anda mencobanya sebelum menikah, semoga anda sangat nikmat mencobanya.

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Yakin gak mau komen?