5+ Pakaian Adat Kalimantan Barat

Pakaian adat Kalimantan Barat – Pulau Kalimantan wilayah terbesar di Indonesia serta memiliki keunikan tersendiri. Terdapat tiga negara yang menguasai pulau Kalimantan yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam.

Maka budaya Kalimantan terpengaruh oleh tiga negara tersebut. Akulturasi budaya tersebut, terlihat pada busana adat Kalimantan Barat. Langsung simak beberapa pakaian adat Kalimantan Barat sebagai berikut.

Pakaian Adat King Baba Suku Dayak

Pakaian adat King Baba berasal dari suku Dayak digunakan oleh kaum pria. Bahasa King Baba juga memiliki arti tersendiri, king artinya pakaian dan Baba artinya pria.

Pakaian adat ini terbuat dari kulit kayu kapuo atau tanaman apuro. Kayu kapuo memiliki serat yang tinggi yang dipipihkan dengan cara dipukul-pukul menggunakan batu sambil dicelupkan ke dalam air.

Setelah agak lentur, kulit kayu kemudian dijemur hingga kering. Selanjutnya diberikan lukisan teknik khas suku Dayak dan dibentuk menyerupai rompi tanpa memiliki lengan.

Pakaian adat King Baba digunakan bersama ikatan kepala yang terbuat dari bulu burung Enggang Gading. Juga ada tambahan senjata tradisional yang bernama mandau. Pakaian adat ini juga salah satu baju perang suku Dayak.

Pakaian Adat King Bibinge Suku Dayak

Sedangkan untuk kaum wanita pakaian adatnya disebut King Bibinge. Semua proses dan bahannya menyerupai Pakaian adat King Baba, akan tetapi di desain lebih sopan untuk menutupi bagian tubuh wanita.

Kulit kayu dilukis terlebih dahulu kemudian dibentuk menjadi kemben untuk penutup dada, rok dan stagen. Pada bagian luar pakaian adat ini juga ada tambahan hiasan manik-manik yang terbuat dari kayu atau biji kering.

Pakaian adat King Bibinge juga terdapat ikatan kepala yang berbentuk segitiga. Juga ada tambahan aksesoris gelang yang terbuat dari akar tanaman yang sudah diolah.

Kaum wanita juga beberapa ada yang menggunakan kalung yang terbuat dari tulang hewan atau akar tanaman. Gelang dan kalung dianggap sebagai jimat untuk penolak bala atau roh jahat.

Pakaian Adat Bernuansa Melayu

Pakaian adat pengantin ini sangat kental dengan nuansa melayu. Karena terbuat dari bahan kain songket khas melayu. Pakaian adat ini sering juga disebut Telok Belanga atau cekak musang.

Pakaian Adat King Babo

Seiring perkembangan zaman modern pakaian adat Kalimantan Barat telah didesain terbaru. Pakaian adat King Babo juga salah satu termasuk, modifikasi dari King Kabo yang dibuat dari kulit kayu dan kain songket khas Brunei Darusalam.

Pakaian Adat Buurang Kuureng

Pakaian adat Buurang Kurung merupakan pakaian khas melayu untuk kaum wanita. Model busana pakaian ini sering digunakan di Malaysia, Brunei Darusalam dan beberapa wilayah Indonesia.

Di Kalimantan Barat, pakaian adat Buurang Kurung terbuat dari bahan beledru untuk wanita ini disebut buurang kurung. Terdapat 2 jenis buurang kuureng, yaitu kuurang sapek tangan untuk baju lengan pendek dan kuureng langke tangan yang berlengan panjang.

Itulah beberapa busana adat Kalimantan Barat termasuk dalam khazanah budaya nusantara yang wajib kita lestarikan.

Yoga Pangestu

Show Comments

No Responses Yet

Yakin gak mau komen?