3+ Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Pakaian adat Kalimantan Tengah – Pastinya kalian sudah mengetahui negara Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan dan adat istiadat. Karena Indonesia memiliki beribu pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Setiap pulau Indonesia memiliki budaya yang berbeda-beda. Uniknya Indonesia perbedaan bukanlah pemisah diantara kita sebagai rakyat, akan tetapi sebaliknya.

Perbedaan tersebut sebagai alat memperkaya budaya negara Indonesia. Pada kesempatan kali ini kita bahas budaya dari Kalimantan Tengah. Mayoritas penduduk Kalimantan Tengah berasal dari suku Dayak.

Juga memiliki beberapa sub etnis seperti suku Dayak Ngaju merupakan suku terbesar di Kalimantan Tengah. Daripada penasaran apa saja pakaian adat Kalimantan Tengah, simak sebagai berikut.

Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga.

Jenderal Soedirman

Pakaian Adat Pawang

Busana adat Pawang berasal dari Kalimantan Tengah yang sering digunakan saat jenis tarian. Busana Pawang terbuat dari bahan serat kayu atau serat tumbuhan yang khusus dipercaya oleh masyarakat Kalimantan Tengah.

Busana Pawang juga terdapat hiasan manik-manik dan rumbai benang yang indah. Biasanya yang menggunakan busana Pawang yaitu para ulama ketika memanjatkan doa untuk turun hujan dan meminta perlindungan.

Pakaian Adat Berantai

Pakaian adat Berantai juga salah satu baju berasal dari suku Dayak. Busana Berantai terbuat dari bahan besi-besi, busana ini sudah seperti budaya luar karena mengingat baju perang.

Pada zaman dahulu baju yang terbuat dari besi hanya untuk peperangan. Seiring tahun semakin modern busana ini telah di modifikasi tapi tidak hilang identitas aslinya.

Busana Berantai ini berfungsi untuk perang pada zaman dahulu, maka nilai sejarahnya sangat tinggi untuk dilupakan.

Pakaian Adat Sangkrut

Busana Sangkrut sejak zaman dahulu juga digunakan pada saat peperangan oleh suku Dayak. Busana ini terbuat dari bahan serat daun nanas, serat daun lemba dan serat nyamu.

Terdapat tambahan busana Sangkrut yaitu kulit kerang. Busana Sangkrut sudah masuk dalam golongan legenda bagi suku Dayak. Pada zaman sekarang busana Sangkrut digunakan saat adat pernikahan oleh masyarakat Kalimantan Tengah.

Pakaian Adat Tenunan

Selanjutnya yang terakhir busana tenunan bahwa Kalimantan Tengah juga terdapat kerajinan tenunan yang berbeda dengan lainnya. Busana tenun digunakan sebagai pakaian adat atau pakaian sehari-hari oleh masyarakat Kalimantan Tengah.

Penutup

Sekian beberapa pakaian adat Kalimantan Tengah yang perlu kita jaga dan lestarikan selamanya jangan sampai hilang begitu saja.

Show Comments

No Responses Yet

Yakin gak mau komen?