5+ Pakaian Adat Kalimantan Timur

Pakaian adat Kalimantan Timur – Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki khas ragam budaya yang cukup menarik.

Kalimantan Timur memiliki luas wilayah sekitar 129.066,64 kmĀ² dan jumlah penduduk sebesar 3,6 juta orang. Bahkan masuk kategori ke empat wilayah dengan penduduk terendah di nusantara Samarinda.

Pasti setiap provinsi Indonesia juga memiliki pakaian, senjata dan makanan masing-masing. Kali ini bahas beberapa busana adat Kalimantan sebagai berikut, silahkan simak ya.

Bahasa kita berbeda, agama kita berbeda, budaya kita berbeda, bukankah itu indah? Acungkan kepalmu, Kawan. Lawan ketidakadilan. Satukan semangat kita, anak semua bangsa.

Fiersa Besari

Pakaian Adat Kustin

avantela.com

Biasanya pakaian adat Kustin berasal dari Kalimantan Timur yang digunakan oleh suku Kutai. Pada tahun lalu pakaian adat Kustin sebagai salah satu pakaian resmi pernikahan oleh golongan menengah.

Perlu anda ketahui asal usul nama Kustin berasal dari bahasa Kutai yang memiliki arti busana. Pakaian adat Kustin terbuat dari bagah beludru berwarna hitam.

Desain baju Kastin memiliki lengan panjang dan kerah yang agak tinggi dengan bagian kerah juga dada terdapat hiasan pasmen.

Pakaian adat Kustin untuk kaum Pria dipadukan dengan celana panjang hitam yang dipasangi dodot rambu bundar.

Sedangkan kaum wanita menggunakan pakaian adat Kustin dengan tambahan berupa kelibun kuing yang berasal dari sutra. Rambutnya dihias menyerupai aksesoris sanggul adat Jawa.

Pakaian Adat Bulang Kurung

qlapa.com

Pakaian adat Bulang Kurung berasal dari suku Dayak. Ada 2 nama pakaian adat Bulang Kurung yaitu lengan pendek disebut dekot dan lengan panjang disebut lengke.

Biasanya para dukun di Kalimantan Timur menggunakan pakaian adat tersebut.

Pakaian Adat Bulang Burai King

pakarsandang.blogspot.com

Pakaian adat Bulang Burai King sangat terkenal di Kalimantan Timur yang berasal dari suku Dayak. Hampir seluruh suku Dayak memiliki pakaian adat ini karena pakaian upacara wajib suku Dayak.

Ada tambahan hiasan manik-manik beserta hiasan kepala dan tangan terbuat dari bulu burung. Sehingga terlihat terkesan lebih rapi, indah, dan menarik.

Pakaian Adat Sakai

instagram.com

Busana pakaian adat Sakai memiliki keindahan dan keunikan tersendiri, khususnya untuk digunakan kaum wanita. Desain menyerupai kebaya lengan panjang dan bagian bawah menggunakan Tapeh Badong.

Salah satu ciri khas batik Celup kutai menggunakan sarung tiga susun beserta kembang goyang tiga cabang.

Pakaian Adat Ta’a & Sapei Sapaq

qlapa.com

Pakaian adat ini berasal dari Kalimantan Timur lebih tepatnya dari suku Dayak. Pakaian adat ini untuk kaum wanita disebut Ta’a dengan diberikan ikatan kepala yang terbuat dari pandan serta baju atasan inog.

Sedangkan kaum pria pakaian adat ini disebut Sapaq. Jika anda melihat sesaat saja pakaian antara wanita dan pria seperti sama tapi ada perbedaannya lho. Dapat dilihat dari rompi serta celana dalam ketat.

Untuk Informasi lebih lengkap silahkan kunjungi Avantela.com.

Show Comments

No Responses Yet

Yakin gak mau komen?