3+ Pakaian Adat Kalimantan Utara Beserta Gambar

Pakaian adat Kalimantan Utara – Halo sahabat Yogs, terima kasih telah mengunjungi kami. Website ini berisi informasi seputar pengetahuan umum yang dapat menambah wawasan ilmu anda.

Indonesia terdiri dari 34 Provinsi salah satunya Kalimantan Utara yang memiliki khas aneka ragam budaya dan adat. Sebagian besar penduduk Kalimantan Utara oleh suku Jawa melalui jalur transmigrasi mencapai 40%.

Sisanya dari berbagai suku-suku diantara yaitu suku Dayak, suku Bulungan, suku Tidung dan suku Kutai. Langsung saja beberapa busana adat Kalimantan Utara yang perlu di ketahui.

Aku tidak tahu dimana ujung perjalanan ini, aku tidak bisa menjanjikan apapun. Tapi, selama aku mampu, mimpi-mimpi kita adalah prioritas.

Fiersa Besari

Pakaian Adat Ta’a

www.tradisikita.my.id

Pakaian adat Ta’a yang sering digunakan oleh suku Dayak biasanya oleh kaum wanita Dayak. Ada beberapa bagian dari pakaian adat Ta’a antara lain.

Da’a adalah serupa ikat kepala proses pembuatan dari bahan pandan dan kebanyakan orang tua yang menggunakan. Sedangkan baju atasan yaitu Sapeq Inoi dengan memakai bawahan rok yang sering disebut Ta’a.

Pada bagian atas dan bawah biasanya ada tambahan aksesoris. Sebagai pelengkap pakaian adat Ta’a berupa hiasan kalung dari aksesoris yang disebut dengan nama uleng.

Pakaian Adat Sapei Sapaq

infosoalpelajaran.com

Selanjutnya pakaian adat Kalimantan Utara yaitu pakaian adat Sapei Sapaq. Biasanya pakaian adat Sapei Sapaq sering digunakan oleh kaum pria suku Dayak.

Corak motif pakaian adat Sapei Sapaq pria hampir sama dengan pakaian adat Ta’a wanita. Untuk atasan kaum pria berupa rompi dan bawah menggunakan abet kaboq berupa cawat.

Pakaian Adat Bulang Kurung

infosoalpelajaran.com

Paling terakhir yaitu pakaian adat Bulang Kurung, biasanya suku Dayak menggunakan pada saat melakukan upacara adat atau kegiatan ritual lainnya.

Pakaian ini memiliki berbagai macam dan jenis, contohnya kategori Bulang Kurung dan Burai King. Pakaian yang tidak memiliki lengan disebut Bulang Kurung.

Bulang Kurung dibagi menjadi dua, yaitu dokot tangan dengan lengan pendek dan langke dengan lengan panjang. Biasanya yang menggunakannya para dukun.

Itulah beberapa pakaian adat Kalimantan Utara yang perlu dipelajari dan lestarikan supaya tidak punah. Silahkan baca artikel yang lain ya, terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

Yakin gak mau komen?