Yoga Pangestu Seorang Muslim, Dreamer, dan Bloger dari Lampung. Menyukai dunia teknologi khususnya Search Engine Optimization.

5+ Pakaian Adat Sulawesi Barat Beserta Gambar & Penjelasan

Pakaian adat Sulawesi Barat – Sulawesi Barat adalah bagian pecahan dari wilayah Sulawesi Selatan yang berdiri sejak 5 Oktober 2004. Provinsi Sumatera Barat terdapat banyak suku seperti suku Mandar, Bugis, Toraja, Makassar dan sebagainya.

Tapi suku yang paling banyak tinggal di wilayah Sulawesi Barat yaitu sekitar 50% dari total penduduk. Oleh karena itu banyaknya budaya Indonesia, kali ini saya akan membahas mengenai pakaian adat Sulawesi Barat yang perlu dilestarikan.

Alun Kusuik Lai Sarawa, Alah Tibo Awak di Jakarta

Pakaian Adat Wanita Mandar Sulawesi Barat

Pakaian yang pertama disebut dengan Pattuqduq Towaine yang sering digunakan oleh wanita suku Mandar Sulawesi Barat disaat ada upacara pernikahan. Selain acara pernikahan, pakaian ini juga digunakan untuk menari tarian tradisional khas Sulawaesi Barat yaitu Patuqdu.

Adanya perbedaan aksesoris busana pakaian antara pernikahan dan menari. Pakaian Pattuqdud Towaine untuk pernikahan terdapat 24 aksesoris, sedangkan untuk menari terdapat 18 aksesoris.

Aksesoris tradisional terdapat 4 bagian antara lain sebagai berikut.

  1. Pakaian utama.
  2. Penghias kepala.
  3. Perhiasan badan.
  4. Perhiasan tangan.

Pakaian Adat Laki-laki Mandar

Pakaian Adat Laki-laki Mandar
daengcelebes.blogspot.com

Selanjutnya pakaian adat tradisional laki-laki suku mandar terlihat sederhana. Pada Bagian atas memakai baju jas lengan panjang. Sedangkan bagian bawah perpaduan antara celana panjang dan kain sarung yang diikat pada pinggang.

Pakaian adat tradisional laki-laki suku Mandar mempunyai makna yaitu haruslah gesit dalam bekerja dan bersikap.

Pakaian Adat Laki-laki Toraja

Pakaian Adat Laki-laki Toraja
silontong.com

Selanjutnya mengenai pakaian adat Toraja yang panjangnya sampai lutut. Pakaian adat ini sering disebut dengan Sepang Tallung Buku yang digunakan oleh laki-laki.

Uniknya pegawai negeri sipil (PNS) laki-laki wajib menggunakan pakaian adat Toraja pada hari tertentu supaya melestarikan budaya tersebut.

Pakaian Adat Wanita Toraja

infosoalpelajaran.com

Wanita yang berasal dari suku Toraja, pakaian mereka menggunakan dominasi warna kuning, merah dan putih. Pakaian adat ini memiliki lengan pendek yang bernama Pokko masih dilestarikan oleh kaum wanita suku Toraja.

Pelestarian pakaian adat wanita Toraja sama seperti pakaian adat laki-laki Toraja mewajibkan menggunakan pakaian Pokko pada hari tertentu.

Pakaian Adat Kandore

silontong.com

Pakaian adat bernama kandore juga bagian dari suku Toraja digunakan khusus untuk kaum wanita. Pakaian adat ini memiliki banyak hiasan seperti kalung, gelang, ikat pinggang dan ikat kepala.

Pakaian atau Sarung Tenun Toraja

tokopedia.com

Sarung atau kain Toraja termasuk sebagai pakaian adat Sulawesi Barat memiliki bahan dasar kain tenun. Biasanya pakaian khas adat ini digunakan para ketua adat untuk memimpin upacara Rambu Solo atau disebut upacara kematian daerah kecamatan Rantepao.

Sangat disayangkan, keberadaan kain tenun tersebut sudah sulit dicari atau langkah. Maka pemerintah harus bertindak supaya melestarikan lagi supaya tidak punah.

Aksesoris Adat Sulawesi Barat

Pakaian utama

Pakaian yang pertama digunakan yaitu baju rawang boko (baju pokkoq) sebagai atasan dan lipaq saqbe sebagai bawahan. Baju boko merupakan baju yang lengan pendek memiliki bahan warna cerah.

Sedangkan lipaq saqbe adalah sarung sutra khas dari suku Mandar dibuat menggunakan teknik tenun secara tradisional. Ada beberapa ragam motif dari Sarung lipaq saqbe contohnya seperti sureq pangulu (corak penghulu), sureq maraqdia (corak raja), sureq puang limboro (corak pappuangang limboro) dan sebagainya.

Penghias kepala

Wanita Mandar untuk mempercantik rambut dan memperindah pakaian adat Sulawesi Barat yang digunakan. Para wanita Mandar biasanya menambahkan beberapa hiasan di rambut.

Contoh tambahan hiasan untuk rambut seperti bunga emas dan gal bunga yang melingkar menyerupai bando. Ada peraturan adat untuk pemakaian hiasan ini berdasarkan status sosial.

Perhiasan badan

Selain perhiasan di rambut, ternyata juga ada beberapa perhiasan badan yang digunakan wanita Mandar sebagai pelengkap pakaian adat Sulawesi Barat.

Contoh perhiasan badan seperti kawari (perisai), tombi sare-sare (hiasan kain segi empat berwarna merah dan hijau), tombi diana (rantai uang logam) dan sebagainya.

Kawari adalah perisai khas wanita suku Mandar yang digunakan sekitar pinggul, terdapat peraturan khusus mengenai pemakaian kawari. Jika wanita Mandar menggunakan 4 kawari berarti keturunan bangsawan. Sedangkan menggunakan 2 kawari berarti dari golongan orang biasa.

Perhiasan tangan

Selanjutnya beberapa perhiasan lengan dan tangan yang digunakan untuk wanita Mandar sebagai berikut.

  • Gelang Balleq merupakan sepasang gelang berukuran 15 – 20 cm yang digunakan di tangan.
  • Poto merupakan gelang kecil yang digunakan di kedua lengan berfungsi mengapit gelang besar.
  • Jima Saletto merupakan gelang lebar yang diikatkan di bahu.
  • Teppang adalah yang diikatkan di bawah Jima Salletto.

Video Pakaian Adat Sulawesi Barat

Senjata Adat Sulawesi Barat

infosoalpelajaran.com

Beberapa jenis senjata adat Sulawesi Barat yang perlu anda ketahui simak ya!!, sebagai berikut.

  • Belati atau Jambia. Jambia Muane digunakan untuk laki-laki sedangkan Jambia Baine untuk wanita.
  • Badik.
  • Keris atau gayang.
  • Parang panjang (kandawulo).

Tarian Adat Sulawesi Barat

Tidak hanya memiliki senjata, ternyata juga banyak tarian adat Sulawesi Barat dapat anda lestarikan, nama-nama tarian adat sebagai berikut.

  1. Tari Patuddu.
  2. Tari Bamba Marunung.
  3. Tari Teorang Batu.
  4. Tari Ma’ Bundu
  5. Tari Bulu Londong.

Video Tari Adat Sulawesi Barat

Yoga Pangestu Seorang Muslim, Dreamer, dan Bloger dari Lampung. Menyukai dunia teknologi khususnya Search Engine Optimization.

Yakin gak mau komen?