Yoga Pangestu Seorang Santri Blogger Muslim Berasal Dari Kota Lampung yang Sedang Berusaha Mempelajari Ilmu Dunia & Akhirat. Follow IG: @Mcpakaw_yogaswag86

5+ Pakaian Adat Sulawesi Selatan Beserta Penjelasan

Pakaian adat Sulawesi Selatan – Halo apa kabar sahabat Yogs?, kali ini saya akan membahas kebudayaan pakaian tradisional dari Sulawesi Selatan.

Sulawesi Selatan merupakan sebuah daerah dikeliling banyak pulau-pulau terdapat macam suku. Maka Sulawesi Selatan menjadi kaya akan kebudayaan berbagai hal, salah satunya baju adat.

Baju adat Sulawesi Selatan menyerupai corak khas ala timur dengan perpaduan corak khas lokal masyarakat setempat. Setiap pakaian adat memiliki keunikan masing-masing yang dapat digunakan acara tertentu.

Nama-nama Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Nama-nama Pakaian Adat Sulawesi Selatan
romadecade.org

Biasanya pada laki-laki, berpakaian dengan jas hitam dan sarung sebagai bawahan. Model seperti ini perpaduan antara pakaian adat dengan nuansa Islam. Sedangkan untuk kaum wanita menggunakan baju pendek atau panjang dengan tambahan hiasan pernak-pernik.

Oleh karena itu, anda sangat menarik mengetahui nama-nama pakaian adat Sulawesi Selatan untuk dipelajari. Pastinya setiap pakaian adat yang mereka miliki, terlihat sangat mempesona dan unik.

Apalagi tampilan yang sangat cantik membuat anda mengetahui lebih dalam pakaian adat. Berikut beberapa nama baju adat Sulawesi selatan beserta gambar dan penjelasan:

Orang tanpa pengetahuan tentang sejarah masa lalu, asal usul, dan budaya mereka seperti pohon tanpa akar.

Kata-kata budaya

1. Baju Bodo (Baju Adat Wanita Suku Bugis)

Baju Bodo (Baju Adat Wanita Suku Bugis)
gpswisataindonesia.wordpress.com

Pakaian adat wanita Makassar saat ini menjadi ikon pakaian adat Sulawesi Selatan. Pakaian bernama baju Bodo atau Gesung karena ada gelembung pada bagian punggung baju.

Baju adat ini tidak memiliki lengan dan jahitan sekitar lubang leher. Justru jahitan hanya digunakan untuk menggabungkan sisi kanan dan kiri.

Bawahan baju Bodo yaitu sarung yang motif kotak-kotak digunakan dengan cara digulung atau dipegang dengan kanan kiri oleh penggunanya. Sebagai mempercantik baju Bodo ada macam-macam aksesoris tambahan yang digunakan.

Contoh aksesoris seperti kalung, kepingan, gelang, cincin, bando emas dan sebagainya. Sejak zaman dahulu berdasarkan suku Bugis warna baju Bodo memperlihatkan usia dan martabat bagi penggunanya.

Juga hanya digunakan pas upacara pernikahan saja. Tapi saat ini baju Bodo lebih fleksibel dari jenis warna dan acara yang digunakan.

2. Baju Tutu (Baju Adat Laki-laki Suku Bugis)

Baju Tutu (Baju Adat Laki-laki Suku Bugis)
epicphotocompany.wordpress.com

Jika pakaian ada wanita suku Bugis disebut dengan baju Bodo, sedangkan pakaian adat laki-laki suku Bugis bernama baju Tutu. Dalam menggunakan pakaian adat ini ada pasangan.

Contohnya seperti celana atau paroci, kain sarung atau lipa garusuk dan penutup kepala berupa peci atau songkok. Terlihat dari bentuknya, baju Tutu memiliki lengan panjang, leher berkerah beserta terdapat kancing terbuat dari bahan sepuhan emas.

Sedangkan kain lipa garusuk terlihat polos tapi berwarna sangat mencolok, seperti hijau dan merah.

3. Baju Pattuqduq Towaine

Baju Pattuqduq Towaine
kacomandar.blogspot.com

Jika kaum wanita Makassar memiliki baju Bodo. Maka kaum wanita Suku Mandar juga memiliki baju adat tak kalah indahnya yaitu Pattuqduq Towaine.

Baju adat Pattuqduq Towaine memiliki beragam jenis kombinasi dari baju Rawang Bokko, lipa saqbe Mandar, serta tambahan aksesoris penghias kepala.

Baju adat Pattuqduq aksesoris yang digunakan untuk menari terdiri 18 potong, sedangkan untuk acara pernikahan 24 potong.

4. Baju Seppa Talung Buku

Baju Seppa Talung Buku
qlapa.com

Pakaian adat ini pernah menjadi viral dan perbincangan di dunia maya lho!. Kok bisa ya?, karena baju Seppa Talung Buku pernah mendaftarkan ke dalam acara event Manhunt Internasional pada tahun 2011 di Korea Selatan.

Waktu itu baju adat ini di modifikasi dengan tambahan sayap dan tanduk yang bertanda kebesaran dan kebudayaan dari Indonesia. Akhirnya banyak sekali komentar positif mengenai baju adat Seppa Talung Buku hingga menjadi viral saat itu.

5. Baju Pengantin

Baju Pengantin
youtube.com

Calon pengantin bisa menggunakan pakaian adat apa saja untuk acara pernikahan nantinya. Biasanya pengantin laki-laki sering menggunakan baju Tutu, tapi juga bisa menyesuaikan baju adat yang digunakan pengantin wanita.

Sedangkan untuk pengantin wanita biasanya menggunakan baju Bodo dengan warna yang menyesuaikan pakaian pengantin laki-laki.

6. Baju Bela Dada

Baju Bela Dada
orangjambibos.blogspot.com

Baju bela dada adalah pakaian adat dari Makassar dengan model baju lengan panjang, berkerah, kancing, serta saku kanan dan kiri.

Untuk melengkapi baju Bela Dada biasanya digunakan bersama paroci (celana), lipa garusuk (sarung), passapu (penutup kepala seperti kopiah/peci). Kain yang digunakan untuk baju Bela Dada lebih tebal dari kain lainnya.

Aksesoris Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Sekarang anda sudah tau mengenai nama-nama pakaian adat Sulawesi Selatan. Kali ini membahas beberapa aksesoris yang digunakan untuk pakaian adat sebagai berikut.

  • Gelang ponto naga.
  • Keris passatimpo
  • Aksesoris

1. Gelang ponto naga

Gelang ponto naga
bukalapak.com

Aksesoris pertama kali yang menghiasi tubuh pengguna baju Adat Sulawesi Selatan yaitu gelang ponto naga. Apa itu ponto naga?, ponto naga adalah gelang terbuat dari bahan emas yang motif seperti naga.

2. Keris passatimpo

Keris passatimpo
blanja.com

Selain perhiasan emas untuk melengkapi baju adat Sulawesi Selatan, ternyata juga terdapat senjata terbuat dari emas. Contohnya gambar senjata seperti yang diatas, senjata ini bernama passatimpo adalah sebuah jenis keris terlihat seperti mewah dan indah.

3. Aksesoris Rambut

Aksesoris Rambut
hipwee.com

Jika anda melihat pengantin wanita menggunakan baju adat Sulawesi Selatan seperti baju Bodo, paling menarik yaitu penataan rambut pengantin.

Rambut pengantin disanggul berdiri tegak ke belakang sering disebut dengan Simpolong Teppong.

Penutup

Demikian nama-nama baju adat Sulawesi beserta penjelasan dan aksesoris yang perlu kita lestarikan, jangan sampai budaya Indonesia hilang, see you.

Yoga Pangestu Seorang Santri Blogger Muslim Berasal Dari Kota Lampung yang Sedang Berusaha Mempelajari Ilmu Dunia & Akhirat. Follow IG: @Mcpakaw_yogaswag86

Yakin gak mau komen?