Yoga Pangestu Seorang Muslim Berasal Dari Kota Lampung yang Sedang Berusaha Mempelajari Ilmu Dunia & Akhirat.

Pengertian Router

Pengertian router adalah salah satu perangkat keras pada bagian jaringan komputer fungsinya untuk menghubungkan jaringan.

Ada yang berbeda pendapat bahwa pengertian router adalah salah satu hardware jaringan komputer fungsinya untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet.

Router sendiri mempunyai fasilitas yaitu DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) di setting sehingga bisa membagi IP address. Tidak hanya fasilitas DHCP, juga ada NAT (Network Address Translator).

Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya.

Menurut O’brien

Fungsi Router

Fungsi Router

yodha.web.id

Fungsi utama router yaitu menghubungkan 2 jaringan atau lebih dapat di distribusikan menggunakan data dari satu jaringan ke lainnya.

Tersedia fungsi router secara lengkap beberapa di bawah ini sebagai berikut, perlu ada simak dan pahami.

  1. Router berfungsi sebagai penghubung beberapa jaringan sehingga user bisa mengirimkan paket data dari jaringan ke jaringan lainnya. Saat proses koneksi harus mendistribusikan dengan IP address ke perangkat komputer, handphone dan laptop.
  2. Router berfungsi sebagai transmisikan suatu informasi atau data jaringan ke jaringan lainnya kerjanya mirip seperti sistem jaringan bridge.
  3. Fungsi router sebagai menghubungkan suatu jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital Subscriber Line) biasanya sering disebut DSL router.

Jenis – Jenis Router

Jenis - Jenis Router
wartatekonolgi.com

Pada umumnya router memiliki 2 kelompok jenis berdasarkan aplikasi dan mekasnisme yang perlu di ketahui sebagai berikut.

  • Jenis Router Pengaplikasinya
  1. Router Aplikasi yaitu suatu aplikasi yang bisa diinstal oleh anda di perangkat komputer sehingga cara kerjanya seperti router.
  2. Router Hardware yaitu memiliki kemampuan kerja seperti router yang bisa membagikan alamat IP address dan membagi jaringan ke wilayah tertentu.
  3. Router PC yaitu komputer dengan spesifikasi tinggi yang telah modifikasi bisa berfungsi seperti router.
  • Jenis Router Mekanisme
  1. Router Wireless yaitu cara kerja tanpa menggunakan kabel hanya dapat mengandalkan media udara untuk mengirim paket internet.
  2. Router Dinamis yaitu bisa melakukan proses routing (penghalaan) berjalan secara otomatis dan dinamis di pengaturan oleh user administrator jaringan.
  3. Router Statis yaitu mampu melakukan proses routing (penghalaan) dari satu jaringan dilakukan secara manual oleh administrator.

Cara Kerja Router

Cara Kerja Router
kumpulan.net

Seperti pada gambar diatas fungsi router yaitu untuk menghubungkan beberapa jaringan dan memberi fasilitas antar jaringan.

Router ini membutuhkan 2 kartu jaringan atau NIC (Network Interface Car) telah dipasang setiap jaringan tertentu.

Gambar router diatas ada dua jaringan dengan satu router sederhana dan sangat mudah buat konfigurasi. Jaringan dan kompleks besar berbeda pengaturan akan lebih rumit.

Berikut contoh, jika anda ingin menghubungkan 3 jaringan maka ada dua cara menghubungkan sebagai berikut.

  1. Penghubung dengan cara berantai menggunakan 2 router.
  2. Penghubung dengan cara langsung satu sama lain dengan menggunakan 3 router.

Perhatikan gambar dan penjelasan dibawah ini.

Di konfirgurasi pertama, jika salah satu router (router A dan router B) memiliki masalah. Maka dari itu subnet A tidak akan bisa mengirim ke subnet C karena hanya satu jalur saja.

Konfirgurasi kedua, jika router ditambahkan ke antara subnet A dan C maka memiliki 2 jalur ke subnet C jaringan akan menjadi sangat efisien.

Setiap router pasti memilih jalur yang sangat cepat untuk mengirim data dari subnet sampai ke subnet lainnya.

Coba perhatikan konfigurasi yang 2 gambar di atas, jika anda ingin mengirimkan paket data dari subnet A ke subnet C. Maka akan memilih jalur yang paling cepat yaitu melalui subnet C.

Baca juga: Pengertian Unsur Intrinsik

Pengertian Router Mikrotik

Pengertian Router Mikrotik
wifi-stock.cu.uk

Router mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak bisa digunakan komputer untuk menjadi jaringan router yang handal.

Mikrotik sendiri didesain supaya sangat mudah digunakan dan keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan merubah.

Fungsi Router Mikrotik

Fungsi Router Mikrotik
blog.dnetprovider.id

Fungsi paling utama router mikrotik sebagai router jaringan, selain itu juga ada fungsi untuk aplikasi perlu anda ketahui sebagai berikut.

  1. Menjalankan akses aplikasi atau manajemen bandwith.
  2. Menjalankan aplikasi firewall.
  3. Menjalankan aplikasi wifi.
  4. Menjalankan sistem hotspot.

Sebenarnya masih banyak fungsi router yang lebih kompleks mengenai hubungan dengan jaringan internet.

Baca juga: Pengertian Youtube

Perbedaan Router dan Switch

Perbedaan Router dan Switch
highspeedInternet.com

Dalam internet router dan switch memiliki fungsi yang sama, ternyata juga ada perbedaan kedua tersebut antara lain.

Router adalah sebagai penghubung jalan sedangkan switch sebagai jalan router sendiri, biasanya switch digunakan untuk kabel LAN (Local Area Network).

Pengertian Router Board

laptopsiipat.com

Router board adalah hardware yang didesain oleh mikrotik yang memiliki beragam seri dan interface dengan sesuai kebutuhan.

Ada beberapa contoh route board antara lain seperti RB400, R52H, R52N, R2N, dan RB600.

Pengertian Wireless Router

Pengertian Wireless Router
futureloka.com

Wireless router salah satu perangkat jaringan berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik dari jaringan yang sama maupun berbeda.

Tips Memilih Wireless Router

review.bukalapak.com

Jika anda mempunyai keinginan untuk membeli wireless, tenang sudah tersedia beberapa tips dari saya pertimbangan memilih yang bagus.

  • Perhatikan pita frekuensi yang digunakan

Setiap produk wireless router memiliki pita frekuensi berbeda-beda. Biasanya frekuensi yang digunakan sampai sekarang yaitu 2,4 GHZ dan band 5 GHZ.

Frekuensi 2,4 GHZ tidak dapat dipengaruhi oleh rintangan tapi terlalu sering terkena gangguan komunikasi. Jika anda tinggal di kota pusat, menggunakan frekuensi ini tidak cocok.

Sedangkan frekuensi 5 GHZ memiliki kelebihan pada gangguan radio tidak pernah terkena hambatan jaringan komunikasi dan bisa dihindarkan.

  • Perhatikan fungsi kecepetan komunikasi

Anda menggunakan wireless router pastinya memilih koneksi kecepetan menjadi prioritas utama. Saya sarankan menggunakan standar komunikasi wireless lebih dari 11 ac memiliki koneksi yang cepat.

  • Memilih lokasi instalasi yang tepat

Pertimbangan yang tidak kalah pentingnya yaitu memilih lokasi instalasi yang tepat. Sama dengan pemilihan pita frekuensi, titik lokasi pemasangan sangat berpengaruh terhadap koneksi internet.

Maka harus diperhatikan pemilihan lokasi yang tepat sehingga kinerja dari router bisa anda gunakan semaksimal mungkin.

Ada beberapa metode dalam instalasi atau pemasangan wireless router. Contoh pemasangan dengan posisi horizontal, vertical, atau tempel pada dinding.

Anda bisa pertimbangan lagi untuk memilih produk wireless router yang sesuai dengan lokasi instalasi. Disarankan untuk memilih wireless router yang mudah dipindahkan sehingga bisa menyesuaikan koneksi koneksi internet.

  • Penggunaan antena eksternal

Anda bisa memilih mengunakan antena eksternal. Jenis antena sangat menyesuaikan arah gelombang frekuensi bisa membuat koneksi internet stabil.

Disarankan untuk menggunakan built-in type flyware, yaitu alat kemampuan koneksi untuk membagi ke segala arah.

  • Sesuaikan dengan spesifikasi unit induk dan unit slave

Meskipun wireless router anda menggunakan 11 ac, namun pada perangkat terhubung (smartphone, terminal handset, dll) dengan tipe tersebut maka kecepatan diturunkan secara otomatis.

Maka untuk membeli wireless router harus di pertimbangkan lagi spesifikasi terminal yang digunakan.

  • Pertimbangan port USB yang sangat penting sebagai NAS

Jika router dilengkapi dengan port USB, anda juga bisa menggunakan NAS (Network Attached Strotage) sederhana.

NAS adalah perangkat penyimpanan eksternal yang terhubung ke jaringan serta digunakan untuk berbagi file dengan cara menghubungkannya ke HDD eksternal.

Yoga Pangestu Seorang Muslim Berasal Dari Kota Lampung yang Sedang Berusaha Mempelajari Ilmu Dunia & Akhirat.

Yakin gak mau komen?