Yoga Pangestu Seorang Muslim Berasal Dari Kota Lampung yang Sedang Berusaha Mempelajari Ilmu Dunia & Akhirat.

Pengertian Search Engine (Mesin Pencari)

Semakin tahun berganti teknologi semakin maju dan modern sampai saat ini, sekarang saya membahas pengertian search engine. Mungkin anda sering menggunakan google untuk melakukan beberapa aktivitas.

Seperti mencari berita halaman di website atau blog, video, gambar dan lain-lain. Jadi bisa anda pahami, search engine adalah media yang digunakan untuk mencari berbagai informasi di internet.

Maka dari itu hampir semua orang di dunia menggunakan search engine untuk keperluan sehari-hari. Kalau kamu penasaran dengan search engine secara lengkap silahkan anda simak di bawah ini.

Pengertian Search Engine

Pengertian Search Engine
seogereggi.com

Search engine adalah sebuah software atau sebuah aplikasi yang digunakan untuk mencari berbagai informasi data di halaman website.

Berkas sudah tersimpan dalam layanan di www, ftp, publikasi, milis dan portal. Jadi ketika anda pengguna mencari sebuah informasi atau keyword (kata kunci).

Search engine akan bekerja untuk mengumpulkan semua informasi tersebut dan cari yang berkualitas untuk anda. Hasil pencarian keyword sering disebut sebagai SERP (Search Engine Result Pages).

Banyak variasi dari hasil search engine yang akan ditampilkan seperti tulisan, gambar, video dan lainnya. Data terkumpul disesuaikan dengan urutan dan tentukan oleh ASE (Algoritma Search Engine).

Jika anda mempunyai konten untuk memasuki halaman pertama search engine sangat susah karena banyak peraturan dan perhitungan. Jika ingin anda mencoba gunakan teknik SEO atau jasa SEO di website bisnis anda.

Sejarah Search Engine

teqnoforia.com

Search engine adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuka website dengan cara menuliskan pada kotak address.

Lia Kuwayatno

Seiring waktu berlalu Dunia maya semakin berkembang, search engine sendiri semakin canggih. Search engine yang sangat terkenal dan hampir digunakan seluruh Negara yaitu search engine google.

Ada juga beberapa negara telah membuat search engine untuk negaranya sendiri, seperti search engine Yandex berasal dari negara Rusia berjalan sejak tahun 1997.

Didirikan lagi search engine Baidu sejak tahun 2000 berasal dari negara RRC tempatnya di kampus baidu terletak pada kota Distrik Haidan, Beijing.

Search engine yang tidak kalah terkenal seperti Bing, Yahoo, ASK, MSN, AOL dan lainnya. Search engine Google diciptakan sejak akhir tahun 1997.

Dulu persaingan antara search engine yang sudah diciptakan terlebih dahulu sangatlah ketat, tapi Google tidak gampang menyerah begitu saja.

Di tahun 2000 puncak sementara teratas atau pertama yaitu search engine Yahoo, kemudian di kalahkan oleh Google naik pada puncak teratas. Google sekarang sudah banyak digunakan sebagai search engine sampai saat ini.

Cara Kerja Search Engine

pesantrenbisnisonline.com

Cara kerja search engine yaitu bisa mengumpulkan dan menampilkan semua data yang akurat sesuai dengan kata keyword (kata kunci) anda.

Google mempunyai mesin software yang diberi nama yaitu Web Crawlers sering disebut Googlebots.

Search engine Google juga bisa memberikan berbagai informasi dari internet dan mampu mengetahui konten berkualitas baik atau buruk untuk anda.

Cara kerja Googlebot yaitu akan mengambil setiap halaman dari website secara otomatis dengan mengikut link bersifat Dofollow.

Cara indeks halaman website didasarkan seperti pembacaan teks di judul, sub judul dan lebih khususnya pada meta tag.

Oleh karena itu search engine dengan mudah menyediakan berbagai informasi berkualitas dan relavan untuk anda dengan tujuan keyword tertentu.

Pastinya sangat membantu bagi pengguna internet dalam mencari berbagai informasi untuk keperluan sehari-hari, pendidikan dan lainnya.

Contoh Search Engine

article.bima.co.id

Tahun sekarang sudah banyak macam search engine. Mulai dari berdiri sendiri maupun search engine dari fitur tambahan dalam website. Berikut beberapa search engine yang sudah banyak penggunanya di seluruh negara.

  • Google

Siapa sih yang tidak kenal dengan Google?. Google merupakan salah satu search engine yang paling besar pengguna dan terkenal di seluruh Dunia.

Jika berbicara terkait search engine, maka topik paling pertama yaitu Google. Pada tahun sekarang pengguna Google sudah mencapai puluhan miliar lebih pencarian di seluruh Dunia.

Kesimpulannya Google tau segalanya, bisa membantu anda untuk mencari tugas dan informasi akurat.

  • Yahoo

Selanjutnya search engine yang juga sering dikunjungi yaitu Yahoo search. Awal mulai Yahoo search diciptakan untuk mencari bookmark pada internet, sehingga Yahoo cuman menampilkan berupa halaman bookmark.

Saat ini penggunaan Yahoo search sama seperti Google, meskipun pengguna user dan penghasilan masih sangat jauh dibandingkan search engine Google.

  • Bing

Pengguna search engine Bing mulai banyak penggunanya. Bing merupakan mesin pencarian dikembangkan oleh Microsoft.

Setelah itu Microsoft mengembangkan beberapa sistem pencarian seperti MSN search, live search dan windows search untuk bersaing ketat dengan Google.

  • Baidu

Baidu berdiri sejak tahun 2000 menjadi search engine terkenal di Negara China. Setiap bulan Baidu bisa mencapai satu miliar lebih dan dapat pangsa pasar sebesar 13%.

Seacrh engine hanya fokus melayani pengguna di negara China saja. Berbeda dengan Google menguasai pasar global daripada pasar lokal.

Di internet Baidu menguasai lebih dari 80% search engine di negara China, sedangkan Google hanya mendapat 10% saja.

Padahal di persaingan global search engine Google menguasai 90% , sedangkan baidu cuman sedikit yaitu 1%.

  • Ask

Ask.com merupakan search engine yang berdiri pada tahun 1996 diciptakan oleh Gerret Gruener dan David Warthen. Tahun sekarang ini sudah mulai banyak penggunanya hampir di seluruh dunia.

  • Yandex

Perusahaan yang berada di negara Rusia mengembangkan search engine bernama Yandex. Setiap bulan mendapatkan pengguna lebih dari 4.5 miliar.

Pada pasar global Yandex hanya mendapatkan 1.01%, sangat berbeda jauh dengan Google. Yandex terkenal di negara rusia menjadi bangga bagi orang-orang Rusia, meskipun raja search engine adalah Google di seluruh dunia.

Fungsi Search Engine

aifas.online

Secara umum fungsi search engine adalah menyediakan atau mencari informasi berdasarkan keyword pengguna. Cara kerja search engine dengan cara mendaftar, mengindeks, mendata (crawling) yang ada di internet.

Jika pengguna mencari informasi di situs search engine maka muncul semua halaman website pada hasil pencarian.

  • Mengindeks alamat dan konten situs web

Fungsi paling utama search engine yaitu mengindeks alamat dan konten situs website pada internet. Bot dan Crawler di dalam search engine menjelajahi internet menggunakan hyperlink.

Akhir dari proses jelajah menghasilkan daftar situs-situs website yang sudah lama dan besar. Search engine yang sangat terbesar di Dunia yaitu Google pada tahun 2017 sudah memiliki 100 triliun lebih halaman website.

  • Menyediakan informasi melalui kata kunci

Untuk apa search engine setelah melakukan pencarian informasi dan konten dari berbagai website? Pasti buat mempermudah pengguna internet yang dicari.

Hingga saat ini sekian orang hampir seluruh dunia mencari informasi menggunakan internet. Setiap hari terhitung 4 miliar orang lebih melakukan pencarian di Google.

40 ribu tiap detik melakukan pencarian seiring waktu berjalan bisa menambah pengguna internet.

  • Media Pemasaran

Semakin tahun teknologi berkembang sehingga banyak pengguna search engine sebagai media pemasaran.

Yoga Pangestu Seorang Muslim Berasal Dari Kota Lampung yang Sedang Berusaha Mempelajari Ilmu Dunia & Akhirat.

Yakin gak mau komen?