Yoga Pangestu Seorang Muslim, Dreamer, dan Bloger dari Lampung. Menyukai dunia teknologi khususnya Search Engine Optimization.

Pengertian Unsur Intrinsik Beserta Fungsi & Contoh (Lengkap)

Jika anda belajar tentang prosa fiksi pasti sering dengar pengertian unsur intrinsik. Apa itu unsur intrinsik? Mungkin anda belum tau, santai saya akan menjelaskan tentang unsur intrinsik secara lengkap sebagai berikut.

Telah ditentukan semenjak mereka lahir, tetapi dengan kerja keras kita dapat mengalahkan takdir

Naruto Uzumaki

Pengertian Unsur Intrinsik

karyapemuda.com

Unsur Intrinsik adalah unsur – unsur yang ada di dalam teks dan secara langsung. Unsur – unsur intrinsik karya prosa fiksi seperti tokoh atau penokohan, alur, latar, amanat, tema, sudut pandang, gaya bahasa.

Baca juga: Pengertian Router

Unsur – Unsur Intrisik Prosa Fiksi

enterha.com
  • Tema

Tema adalah ide atau gagasan yang disampaikan oleh pengarang dalam ceritanya. Tema sebagai landasan utama dalam pengembangan cerita yang di bicarakan oleh pengarang tersebut.

Definisi lain tema adalah sebuah ide pokok atau pikiran paling utama berfungsi sebagai membentuk rangkaian cerita.

Ada beberapa sumber tema yang bisa digunakan seperti pengalaman pengarang, masalah dalam kehidupan, pengamat lingkungan dan lainnya.

Contoh tema ada banyak seperti tentang cinta, tentang kesetiaan, perjuangan mencapai impian, korupsi, ketakwaan dan lainnya.

  • Alur atau Plot

Alur adalah rangkaian tahapan yang membentuk cerita pengarang dalam memulai cerita, mengembangkan sampai mengakhiri cerita tersebut. Alur sebagai alur cerita atau bisa dibilang oleh pengarang dalam bercerita.

Ada beberapa peristiwa yang terdapat dalam cerita saling berhubungan antara satu sama lain secara runtut sehingga bentuk rangkaian cerita bulat.

  • Penokohan

Penokohan adalah cara pengarang menceritakan totok – tokoh yang ada dalam cerita tersebut. Terdapat dua kategori penokohan yaitu tokoh cerita dan watak tokoh dalam cerita tersebut.

Tokoh cerita yaitu orang – orang yang masuk dalam cerita sebagai pemeran. Sedangkan watak tokoh yaitu sebuah perilaku atau karakter tokoh dalam cerita tersebut.

Biasanya cerita menjadi seru terdapat konflik antara tokoh yang memiliki watak baik (tokoh utama) dan watak jahat. Tokoh utama berkepribadian baik menceritakan tentang tokoh protagonis atau tokoh antagonis.

Pengarang akan menjelaskan nama – nama tokoh serta menceritakan tentang fisik, jalan pikiran, lingkungan kehidupan dan lainnya.

  • Latar atau Setting

Latar adalah keterangan yang menjelaskan tentang waktu, tempat dan suasana digunakan dalam cerita tersebut. Latar sebagai unsur mutlak karena untuk memperkuat dan menghidupkan jalan cerita.

  • Amanat

Amanat adalah sebuah pesan atau nilai – nilai moral, contoh seperti pengarang memberi nasehat kepada penonton atau pendengar melalui cerita. Pengarang menyampaikan nasehat dengan dua cara yaitu tersirat dan tersurat.

Nasehat tersurat yaitu dijelaskan oleh pengarang melalui dialog antara tokoh dalam cerita. Sedangkan nasehat tersirat yaitu tersembunyi, jadi pendengar baru bisa menangkap pesan setelah membaca semua isi cerita.

  • Sudut Pandang Pengarang

Sudut pandang adalah posisi pengarang dalam sebuah cerita. Terdapat 2 posisi pengarang cerita antara lain yaitu pengarang terlibat dan pengarang berada diluar cerita.

  • Gaya Bahasa

Gaya Bahasa adalah cara pengarang dalam menguraikan cerita yang dibuat.

Baca juga: Pengertian Web Browser

Fungsi Unsur Intrinsik

karyapemuda.com

Ada beberapa fungsi intrinsik yang perlu anda ketahui dan pahami sebagai berikut.

  1. Mendeskripsikan fungsi alur dalam pengembangan tema.
  2. Fungsi watak dalam pengembangan alur.
  3. Fungsi latar dalam gambaran perwatakan tokoh.
  4. Fungsi narator.

Contoh Unsur Intrinsik

sekotaksurat.site

Pada 15 tahun yang lalu siluman rubah berubah menjadi kyubi menyerang desa Konoha. Desa konoha adalah sebuah desa shinobi yang terletak din negara api. Penyebab dari serangan seekor siluman rubah berekor sembilan kekacauan tersebar dan memakan korban jiwa.

Munculnya seseorang yang bisa menghentikan kemarahan kyubi dan menyegel masuk dalam tubuh anak bayi bernama Naruto.

Orang yang menyegel tersebut yaitu bernama Yondaime hokage atau sering disebut Namikaze Minato hokage ke 4 ayahnya Naruto. Yondaime Hokage menyegel kyubi ke dalam anaknya sendiri karena ada maksud tertentu.

Kekuatan kyubi sangatlah besar untuk menyegel ke dalam tubuh anaknya sehingga mengorbankan diri sendiri.

Sekian 13 tahun berlalu, kemudian Naruto bertumbuh menjadi anak remaja selalu membuat ulah onar di desa Konoha. Naruto melakukannya demi mencari perhatian semua warga di desa tersebut.

Akan tetapi semua warga desa Konoha malah menjauhi Naruto. Mereka tau dalam tubuhnya ada siluman rubah berekor sembilan yang pernah menghancurkan desa tersebut.

Meskipun warga desa Konoha menjauhi Naruto tetap semangat, selalu ceria dan kerja keras. Selalu pantang menyerah untuk mewujudkan cita – citanya yaitu menjadi Hokage seperti ayahnya, barulah memulai berjuang bersambung

Dari cerita diatas maka dapat diambil contoh intrinsik yaitu:

  1. Tema: Naruto yang ingin menjadi Hokage (pemimpin negara).
  2. Amanat: Selalu ikhlas dalam berkorban, jangan pernah menyerah untuk mencapai tujuan.
  3. Alur: Campuran, karena ceritanya maju mundur menceritakan masa depan dan masa lalu.
  4. Penokohan: Kyubi watak pemarah dan perusak. Yondaime Hokage watak bijaksana dan rela berkorban. Naruto watak ceria dan tidak mudah menyerah.
  5. Latar: Desa Konoha.
  6. Sudut pandang: Orang ketiga.
Yoga Pangestu Seorang Muslim, Dreamer, dan Bloger dari Lampung. Menyukai dunia teknologi khususnya Search Engine Optimization.

Yakin gak mau komen?