Pengertian Web Browser Beserta Sejarah, Fungsi (Versi Lengkap)

Di jaman sekarang generasi milenial pengguna internet sudah sering membukanya, mungkin ada yang belum tahu apa itu pengertian web browser?.

Munculnya web browser sangat penting demi keperluan menjelajahi di internet. Web browser hanya berfungsi ketika harus terhubung dengan internet.

Sering anda lihat biasanya setiap handphone maupun laptop sudah tersedia web browser. Pasti anda menggunakan web browser yang sangat disukai.

Pengertian Web Browser

Pengertian Web Browser
makinrajin.com

Pengertian web browser adalah salah satu aplikasi yang bisa menjelajahi, mengambil dan menyediakan konten terdapat berbagai informasi di jaringan internet.

Web browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk mencari informasi atau mengakses situs – situs di internet.

Sumber – sumber informasi di internet berupa seperti halaman situs, gambar, video, konten, infografis, tulisan dan lainnya.

Mungkin bagi anda tidak terdengar aneh atau sudah mengetahui nama – nama web browser seperti Google Chrome, Opera, Firefox dan lainnya.

Namun setiap web browser pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing. Walaupun Mozilla dan Google sering digunakan karena memiliki cepat mengakses data.

Banyak orang yang mengartikan web browser sebagai mesin pencari seperti Google. Ternyata web browser berdiri sendiri sementara mesin pencari bagian dari web browser.

Sejarah Web Browser

Sejarah Web Browser
icommits.co.id

Pertama kali yang menemukan web browser yaitu sebuah tim yang di pimpin Barners Lee pada tahun 1991 di Cern. Browser tidak hanya berguna untuk website saja tapi juga sebagai editor.

Web browser menjadi alat untuk manajemen ilmu pengetahuan. Serta bisa membuat website sendiri seperti yang diinginkan sesuka hati. Munculnya web 2.0 mengembalikan internet ke fungsi pertama serta lebih interaktif.

Barulah muncul youtube, wikipedia dan blog. Tidak ada penemuan di luar penemuan lain diluar web browser. Misalnya orang melakukan berbelanja online, memeriksa email dan transaksi perbankan secara online.

Akan memunculkan kelemahan fungsi ini seperti para hacker akan menyerang web browser. Celah – celah script PHP, flash plug-in atau kesalahan disaat membuka program menjadi masuknya program perusak.

Alat pencari internet pertama kali digunakan yaitu Archie, pada tahun 1990 oleh Alan Emtage mahasiswa dari Universitas Mcgill di Montreal.

Fungsi Web Browser

Fungsi Web Browser
rajajobs.com

Setiap hari pengguna internet selalu membutuhkan informasi dari penggunaan web browser untuk melakukan aktivitas. Mulai dari membaca maupun mencari data lainnya. Ternyata web browser memiliki beberapa fungsi yang perlu anda ketahui sebagai berikut.

  • Membuka halaman suatu website

Fungsi pertama web browser yang paling sering yaitu kemampuannya untuk mengarahkan pengguna internet pada alamat website tertentu.

Menggunakan web browser pengguna akan menuju alamat yang mengakses data. Jika anda menggunakan search engine hanya mendapatkan beberapa website sesuai dengan kata kunci yang di masukan.

  • Memastikan keamanan suatu website

Sebagian besar di dalam web browser sering melakukan proses authentication atau verifikasi pada suatu laman untuk memastikan aman bagi pengguna internet.

Juga untuk menghindarkan perangkat komputer maupun hp dari virus yang bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer.

  • Mendukung akses permintaan data

Web browser akan mengumpulkan permintaan data untuk kebutuhan pengguna internet dengan istilah requesting supporting data item.

Sebagian besar alamat website yang di internet bisa diakses menggunakan web browser. Data berupa foto dan media lainnya bisa di download secara langsung di dalam dokumen/file komputer.

  • Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan

Pastinya web browser berfungsi mengumpulkan seluruh data pada sebuah website yang dituju, sehingga website ditampilkan dengan baik dan maksimal.

Web browser tidak hanya menampilkan tulisan teks saja tapi ada berupa foto, video dan audio di halaman website tertentu.

  • Mendukung penggunaan dari search engine

Search engine atau sering disebut mesin pencari pada umumnya bagian dari web browser sehingga pengguna internet mudah mencari data atau informasi.

Juga lebih cepat tanpa harus mengetik alamat pada address bar di dalam sebuah menu web browser.

Dari penjelasan beberapa fungsi web browser diatas memang bermanfaat didalam kehidupan manusia sebagai aktivitas dan mobilitas tinggi.

Manfaat Web Browser

Manfaat Web Browser
maxmanroe.com

Perlu anda ketahui sesuatu dibuat atau diciptakan tentu ada sebab dan manfaat, begitu juga dengan web browser. Perlu anda ketahui beberapa manfaat web browser sebagai berikut.

  1. Digunakan untuk mengakses semua informasi bermanfaat baik terkait dengan pendidikan maupun non pendidikan.
  2. Digunakan untuk berteman sosial contohnya seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus dan lainnya.
  3. Mempermudah pengguna internet dalam mengakses informasi dari media seperti blog, situs, gambar, video dan lainnya.
  4. Bisa menyimpan file – file yang pengguna cari di internet, bisa membuka bookmark situs penting pilihan.

Sebenarnya manfaat web browser sangatlah banyak untuk aktivitas keseharian di dunia maya.

Cara Kerja Web Browser

Cara Kerja Web Browser
howieandbelle.com

Agar anda dapat menggunakan web browser tertentu ada di dalam perangkatnya, maka anda haru menginstall software atau aplikasi.

Web browser hanya bisa digunakan dengan perangkat komputer, laptop, handphone. Setelah sudah menginstall web browser dengan baik, langkah kemudian anda bisa membukanya.

Disaat buka web browser anda bisa mengetik alamat website dibagian address bar di halaman web browser.

Ketika sudah masukan alamat website dan langsung ketik enter barulah web browser bekerja untuk mengambil data dari kata kunci anda. Selanjutnya web browser diarahkan ke halaman pilihan anda.

Contoh Web Browser

Contoh Web Browser
siipung.com

Setelah anda sudah memahami semua pengertian web browser beserta fungsi, cara kerja dan manfaat. Sekarang anda perlu mengetahui beberapa contoh web browser yang mungkin sering digunakan sebagai berikut.

  • Google Chrome

Google Chrome adalah web browser yang dibuat oleh Google dan sangat banyak penggunanya di seluruh dunia. Rata – rata pencarian 60% web browser Google Chrome khususnya di negara bagian benua Asia, Amerika dan Eropa.

  • Mozilla Firefox

Mozilla Firefok adalah salah satu web browser platfrom bebas dan juga paling banyak digunakan oleh pengguna internet seluruh dunia. Apalagi Indonesia masuk salah satu negara paling banyak menggunakan firefox.

  • Opera

Opera adalah salah satu web browser yang mulai terkenal saat ini, pengguna dari perangkat komputer sekitar 6% seluruh dunia. Sedangkan dari perangkat handphone atau mobile 11%, mungkin anda termasuk pengguna opera ya?.

  • Safari

Mungkin anda belum kenal dengan web browser ini, saat ini pengguna safari di seluruh dunia sekitar 16%. Didirikan oleh Apple Inc pada tahun 2003 untuk perangkat komputer dan 2007 untuk perangkat mobile.

Tujuan Web Browser

Yakin gak mau komen?