Yoga Pangestu Seorang Santri Blogger Muslim Berasal Dari Kota Lampung yang Sedang Berusaha Mempelajari Ilmu Dunia & Akhirat. Follow IG: @Mcpakaw_yogaswag86

Pengertian Youtube Beserta Penjelasan dan Manfaat (Terlengkap)

Zaman modern ini sudah banyak sering membuka Youtube, tapi ada yang belum paham apa itu pengertian Youtube. Apalagi teknologi semakin canggih dengan perkembangan gaya hidup manusia.

Jadi sangat mudah sekali untuk membuat video menggunakan handphone kemudian upload di Youtube untuk ditonton oleh orang lain. Sehingga Youtube sangat terkenal di seluruh dunia.

Ada orang atau kelompok yang menjadi terkenal semenjak sering upload video di Youtube. Mesti anda tau youtuber terkenal di Indonesia seperti Atta Halilintar, Young Lex, Saaih Halilintar, Raditya Dika dan sebagainya.

Jangan bilang tidak bisa, gerak aja dulu

Atta Halilintar

Pengertian Youtube Menurut Para Ahli

Pengertian Youtube Menurut Para Ahli
techcrunch.com
  • Menurut Wikipedia

Youtube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan Paypal sejak tahun 2005 bulan Februari. Nama – nama pendiri yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim sebelumnya mereka pertama karyawan Paypal.

Pendidikan Chad Hurley belajar desain di Indiana University of Pennslyvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu konputer di University of llinois at Urbana – Champaign.

  • Menurut Pahlevi

Youtube adalah sebuah website berbagi semua video yang tenar dimana anda bisa upload bebas dan menonton video secara gratis.

  • Menurut Mas Tekno

Youtube merupakan website fasilitas buat para pengguna internet untuk berbagi video yang mereka miliki atau hanya menikmati nonton yang di upload.

Baca juga: Pengertian Router

Karakteristik Youtube

Karakteristik Youtube
youtube.com

Perlu anda ketahui beberapa karakteristik Youtube sebagai berikut.

  1. Tidak ada sama sekali batasan waktu video dan jumlah data dalam upload ke dalam Youtube.
  2. Sistem keamanan cukup baik dan Youtube membatasi jenis konten dengan tidak memberikan konten ilegal dan sara.
  3. Youtube memberi fasilitas berbayar jika video mendapatkan 1000 viewer akan mendapatkan honor.
  4. Terdapat fitur offline buat menonton setiap saat tapi download terlebih dahulu.
  5. Anda dapat mengedit video langsung di Youtube karena sudah tersedia alat editing sederhana dengan fitur memotong video, filter warna dan efek transisi.

Fitur – Fitur Youtube Jarang di Ketahui

Fitur - Fitur Youtube Jarang di Ketahui
id.techinasia.com

Youtube mengikuti perkembangan zaman teknologi yang semakin pesat tahun berganti tahun. Saat ini pengguna Youtube sangat nyaman diberikan fasilitas fitur.

1. Menonaktifkan video anotasi

Menonaktifkan video anotasi
klikmania.net

Video anotasi merupakan video yang dapat di klik pada bagian atas atau samping yang sedang di tonton. Ternyata video anotasi masih berhubungan dengan video yang di tonton.

Fitur Youtube ini sangat dimanfaatkan oleh youtubers agar lebih banyak orang yang menonton video mereka tersebut. Jadi sangat menguntungkan bagi para youtubers untuk upload video setiap hari.

Sedangkan fitur ini untuk pengunjung atau penonton Youtube sedikit ganggu. Sekarang jangan khawatir, anda bisa nonaktif video anotasi dengan klik pengaturan Youtube pada bagian atas kanan.

Selanjutnya klik Playback dan hilangkan tanda centang pada video annotations.

2. Mengatur autoplay

 Mengatur autoplay
urbandigital.id

Youtube memiliki fitur autoplay yang baru saja diupdate sehingga ketika pengunjung sudah selesai menonton video, algoritma Youtube akan mengarahkan video selanjutnya.

Sebagian orang sangat membantu dengan fitur ini, apalagi jika anda tidak perlu repot memilih video dengan bingung untuk ditonton selanjutnya.

Jika ingin mengaktifkan atau nonaktif fitur Youtube ini, anda perhatikan pada bagian kanan layar diatas video pilihan selanjutnya. Bagian fitur ditulis “Autoplay” ada centang samping.

Klik tanda centang fitur tersebut untuk mengatur jika anda ingin mengaktifkan atau nonaktif.

3. Mengatur kecepatan video

Mengatur kecepatan video
urbandigital.id

Fitur Youtube selanjutnya memiliki mengatur kecepatan video sehingga sangat bermanfaat bagi orang belajar tutorial supaya tidak kesulitan.Video pada Youtube bisa diatur video lebih cepat atau lebih lambat sesuai keinginan anda.

Cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah, perhatikan tombol pengaturan atau setting di bagian bawah kanan video. Lalu kilk tombol tersebut klik bagian speed.

Jika anda ingin mempercepat video, pilih kecepatan (speed) lebih tinggi dari normal seperti 1, 5, 2 dan ingin memperlambat pilih seperti 0, 25-0, 7.

4. Mendownload video dengan cepat

teknosee.com

Sering kali cari di Youtube dan mendapatkan video yang menarik cocok untuk anda ingin simpan ditonton untuk hari besok. Jika ingin menyimpan video di Youtube caranya juga mudah dengan menambahkan huruf ‘ss’ pada link atau url video yang sedang ditonton antara www dan Youtube.

Baca juga: Unsur Intrinsik Novel

Manfaat Youtube

nesabamedia.com

Ada beberapa manfaat Youtube bagi pengguna yang jarang diketahui oleh banyak orang. Jika anda belum tahu baca dan fokus setelah itu manfaatkan Youtube dengan sebaik – baiknya.

1. Memberikan layanan secara gratis

Youtube yang begitu canggih memberikan layanan gratis untuk menikmati atau upload video ke dalam sistem Youtube. Berarti semua pengguna Youtube di seluruh dunia dapat mengakses video sebanyak – banyaknya tanpa perlu bayar.

Tapi pengguna Youtube harus memiliki paket data atau jaringan internet untuk mengakses video – video yang tersedia di Youtube. Youtube juga memberikan batasan jenis video yang sangat pantas di tonton orang banyak.

2. Mengunduh beberapa video tertentu

Youtube memberikan fasilitas bagi pengguna yaitu fitur untuk download video tertentu. Biasanya video memiliki kualitas High Definition (HD) sehingga pengguna bisa menonton video sepuasnya.

Jika sudah selesai download maka video tersebut akan tersimpan di file handphone anda dan bisa menikmati video tanpa harus jaringan internet.

3. Mengakses serta berbagi informasi

Sekian banyak orang memanfaatkan Youtube untuk mencari tutorial yang belum mereka ketahui bersifat teknis. Contohnya seperti cara membuat lampion, membuat skripsi, buat akun Facebook dan sebagainya.

4. Mengakses video Steaming

Mengakses video streaming di Youtube sangat bermanfaat bagi pengguna. Bahkan perusahaan Televisi untuk menyiarkan mereka melalui streaming di Youtube.

Sehingga penonton bisa melihat juga melalui internet dengan memanfaatkan video streaming dari Youtube.

5. Memasarkan dan Memperkenalkan Produk

Hal paling terpenting sekian banyak pengguna Youtube untuk memajukan bisnis mereka yang sudah ada. Produk mereka memperkenalkan dalam dunia maya dan memasarkan seperti buka toko offline.

Pebisnis online sangat memanfaatkan pemasaran lewat dunia internet yang ingin memperkenalkan dan memasarkan produk masing – masing.

Yoga Pangestu Seorang Santri Blogger Muslim Berasal Dari Kota Lampung yang Sedang Berusaha Mempelajari Ilmu Dunia & Akhirat. Follow IG: @Mcpakaw_yogaswag86

Yakin gak mau komen?