10 Teknik Dasar Bola Basket dari Pemula hingga Profesional!!

Teknik dasar bola basket – Hai kawan-kawan!! apa kabar hari ini? Baik. Pasti anda sudah tidak asing lagi di dengar telinga permainan yang satu ini dan bahkan anda yang sudah pernah main kan.

Olahraga bola basket di zaman sekarang mulai banyak di gemari dari kalangan laki-laki dan wanita. Olahraga ini juga banyak pertandingan karena memiliki sifat menantang.

Kalian pasti kalau lagi nonton bola basket melihat wanita yang menyoraki kakak kelas atau gebetan saat pertandingan bola basket ya kan.

Anda sudah tau belum kalau olahraga basket banyak manfaat kesehatan lho. Sebelum anda harus mengetahui apa aja sih teknik dasar bola basket dan penjelasan.

Teknik Memegang Bola Basket

Teknik Memegang Bola Basket

OlahragaPedia.com

Teknik dasar bola basket yang pertama anda harus menguasai yaitu memegang secara baik dan benar. Teknik ini sangatlah berguna supaya bola basket tidak mudah terlepas dari tangan anda saat bermain.

Pertama tangan anda harus membentuk seperti mangkuk besar, bolanya berada harus diantara dua telapak tangan. Tangan menempel di samping dan sedikit kebelakang.

Jari-jari tangan anda harus di pastikan di kasih jarak antara jari ya. Jangan lupa ibu jari di letakkan pada bagian bola belakang yang menghadap ke arah tangan.

Teknik Mengoper Bola Basket

 Mengoper Bola Basket

tokopedia.com

Teknik dasar bola basket yang selanjutnya yaitu mengoper ke tim, paling sering disebut yaitu passing. Teknik ini juga harus anda pelajarin dan kuasai supaya kerja tim dapat berjalan sesuai dengan intruksi pelatih. Passing juga bisa di lakukan dengan menggunakan satu atau dua tangan.

Ada beberapa jenis teknik passing antara lain:

  • Chest Pass

Chest pass merupakan teknik passing menggunakan kedua tangan dengan cara meletakkan di depan dada. Jangan lupa bola harus di pegang menggunakan ujung jari tangan, sedangkan ibu jari tangan berada belakangnya bola.

Jika ingin melemparkan bola ke tim, lengan kedua tangan anda harus diluruskan dan ibu jari jangan lupa pindah ke bagian bawah bola. Bola yang dioper dengan menggunakan teknik chest pass harus lurus, jangan melambung atau ke arah bawah.

  • Bounce Pass

Bounce pass merupakan teknik passing dengan mendorong bola mengarah ke bawah dan mantulkan bola basket ke lantai. Saat menggunakan teknik bounce pass tidak dapat melakukannya dalam jarang yang terlalu dekat sama tim.

  • Overhead Pass

Overhead pass merupakan teknik passing dengan tangan yang diletakkan atas kepala dan sudut sikunya sampai membentuk 90 derajat.

  • Back Pass

Back pass merupakan teknik passing apabila teman satu tim berada di dekat anda. Teknik ini hanya dilakukan dengan satu tangan dari posisi belakang badan.

  • Under Pass

Teknik Under pass dengan cara mengoper bola jarak dekat sepinggang dan harus arahkan kepada teman tim saat bermain.

Teknik Menangkap Bola Basket

Menangkap Bola Basket

site.tupperware.co.id

Setelah anda sudah mempelajari teknik dasar bola basket memegang dan mengoper, nah sekarang yang harus di kuasai selanjutnya yaitu teknik menangkap bola. Anda dapat melalukannya dengan menggunakan satu atau dua tangan untuk menangkap bola.

Saat bermain hendak menangkap bola. Anda harus fokus dan sangat dipastikan sudah tepat berada di telapak tangan jangan lupa kasih jarak antara jari-jari tangan anda. Tidak hanya menggunakan tangan untuk menangkap bola tetapi juga bisa dilakukan atas kepala dan depan dada.

Teknik Menggiring Bola Basket

Menggiring Bola Basket

anggaputra.com

Nah sekarang anda suda siap mempelajari dan kuasai teknik dasar bola basket yang selanjutnya yaitu menggiring atau yang sering disebut dribbling.

Dribbling dengan lakukan dengan cara memantul-mantulkan bola basket dari telapak tangan ke lantai sambil berlari atau diam. Ada beberapa berikut teknik menggiring bola basket antara lain:

  • Teknik Dribble Rendah

Dribble dengan teknik menggunakan ini akan membuat lawan tim terlalu suli buat merebut bola basker dari anda pegang. Sehingga sangat cocok digunakan untuk anda menerbos area pertahanan lawan tim.

Disaat anda sedang melalukakan dribble rendah, dipastikan kaki buka selebar bahu. Jika anda menggiring bola dengan tangan kiri, maka kaki kanan harus berada posisi depan, begitupun sebaliknya. Tujuannya supaya terlindungi dari incaran lawan tim untuk merebut bola.

Anda juga perhatikan tinggi pantulan bola basket, tidak boleh sampai melebihi pinggang dan badan anda sedikit maju ke arah depan.

  • Teknik Dribble Tinggi

Sangat berbeda dari dribble rendah, dribble tinggi sangat cocok digunakan jika anda berada cukup jauh dari penjagaan lawan tim.

Pada dribble tinggi, kedua kaki dibuka dengan sejajar. Jika anda menggunakan tangan kiri, maka bola basket berada samping kanan dan dipantul-pantulkan, begitupun sebaliknya.

Seperti dribble rendah, dpastikan anda tubuh tidak terlalu gelap, melainkan tubuh ke condong depan. Teknik dribble di atas untuk pemula, jika anda telah menguasai kedua teknik yang diatas, dapat mempelajari teknik dribble yang lainnya.

Beberapa teknik dribble antara lain seperti spin dribble, between the legs dribble dan behind the back dribble. Silahkan anda pelajarin dan harus latihan terus-menerus supaya bisa.

Teknik Pivot (Cara Berputar)

 Pivot (Cara Berputar)

bolabolambois.blogspot.com

Teknik dasar bola basket yang selanjutnya teknik pivot cocok buat mengelabui lawan tim. Pivot merupakan teknik memutar balik badan yang bertumpu pada kaki sebagai porosnya.

Biasanya kaki yang sangat kuat akan dijadikan poros untuk mencegah adanya pergeseran. Jika poros terjadi pergeseran, maka teknik pivot gagal  dilakukannya dan pelanggaran

Disaat melakukan teknik pivot, anda harus menjaga bola basket dengan tujuan agar kuat tidak direbut lawan tim. Juga dapat menjaganya dengan bola basket tersebut.

Baca juga ya : Merk sepatu basket dari murah sampai termahal yang sangat berkualitas

Teknik Menembak (Shooting) Bola Basket

Menembak (Shooting) Bola Basket

s4goro.wordpress.com

Teknik dasar bola basket selanjutnya yang harus dipelajari yaitu teknik menembah (shooting) sangatlah penting buat anda kuasai. Sebelum menembak, harus dipastikan anda sudah terpasang kuda-kuda yang baik.

Jika anda menembak dengan tangan kiri, maka kaki kiri anda harus didepan. Tekuklah lutut anda untuk menjaga keseimbangan, menekuk lutut supaya memberi tenanga yang lebih buat ingin menembak. Ingat ya jika anda ingin menembak bola harus dipegang yang benar supaya lebih akurat.

Beberapa macam teknik menembak (shooting) antara lain:

  • Free Throw

Anda menggunakan teknik free throw, anda harus berdiri kedua kaki sejajar dengan bahu. Disaat ingin menembak lutut anda ditekuk sedikit dan bola dilepaskan dengan jari tangan mengarah ke depan.

  • Jump Shot

Teknik jump shot posisinya hampir sama dengan free throw. Kecuali saat anda shooting akan dilakukan harus melompat dan mengangkat bola di atas kepala secara berbarengan.

  • Lay Up

Teknik lay up bisa dilakukan dari arah samping kanan dan kiri. anda harus tau kunci utamanya yaitu ketetapan kaki. Sebab lay up hanya dilakukan dalam tiga hitungan saja.

Pertama kaki yang dibelakang diarahkan ke depan kaki tumpuan dengan gerakan lompat. Kedua dan ketiga, kaki tumpuan akan melompat ke depan lalu melempar bola basket dengan menggunakan satu tangan.

Anda harus mengingatnya saat menggunakan teknik lay up tidak boleh lebih dari dua langkah, karena bisa di anggap pelanggaran sama wasit.

Teknik Rebound Bola Basket

Rebound Bola Basket

KampoengIlmu.com

Teknik dasar bola basket selanjutnya teknik rebound tujuannya supaya mengambil bola basket yang tidak masuk ke dalam ring. Ada dua jenis teknik rebound harus di ketahui yaitu defensive dan offensive. 

defensive rebound adalah teknik untuk merebut kembali bola yang gagal dimasukkan ke dalam ring oleh lawan. Sedangkan offinsive rebound adalah memasukkan bola yang telah gagal dimasukkan teman ke dalam ring lawan tim.

Teknik Bertahan (Defense)

Bertahan (Defense)

teknikbasket.wordpress.com

Teknik dasar bola basket selanjutnya teknik bertahan untuk menjaga lawan tim mencetak gol. Ada dua cara teknik defense yaitu personal defense dan team defense.

Beberapa macam personal defense antara lain:

  • Standar Defense

Standar defense tujuan untuk mengarah lawan tim pembawa bola basket ke arah samping dan mengikut pergerakannya.

  • Deny Defense

Teknik deny defense berusaha menjaga lawan tim tidak membawa bola basket dengan menutup passing line dari lawan tim.

  • Triangle Defense

Teknik triangle defense berusaha merebut bola basket dari lawan tim yang melakukan passing. 

Sedangkan tim defense antara lain:

  • Zona Defense

Teknik zona defense menggunakan strategi dari pelatih soal wilayah pertahanan tim, dimana semua pemain sudah di tempatkan posisinya masing-masing dalam menjaga lawan.

  • Man To Man

Teknik man to man pertahanan dimana semua pemain menjaga lawan tim satu persatu.

  • Fix Defeand

Teknik fix defeand merupakan gabungan dari tekink man to man dan zona defense.

Teknik Screen

Teknik Screen

tokopedia.com

Teknik dasar bola basket selanjutnya teknik screen untuk pemain lain bebas melakukan menembak ke lawan tim atau passing lebih mudah. Teknik screen sangat pas buat pertahanan man to man yang sudah tulis diatas.

Disaat melakukan teknik screen, anda harus sentuhan dengan lawan tim, tapi tidak boleh sampai mendorongnya atau menahan. Supaya mencegah terjadinya ada dorongan, anda melatakkan tangan didepan dengan bentuk huruf “X”.

Kedua kaki harus dibuka lebar, agar terjadinya tidak sampai ada pergerakkan disaat melakukan teknik screen anda tidak boleh bergerak. Jangan tentukan sudut yang tepat disaat teknik screen.

Teknik Slum Dunk

Teknik Slum Dunk

KampoengIlmu.com

Teknik dasar bola basket yang satu ini sangatlah muda jika anda mempunyai postur tubuh yang cukup tinggi dan besar. Cara yang paling populer oleh masyarakat disaat melakukan teknik slum dung yaitu melompatlah sejauh dan setinggi mungkin.

Kemudian anda harus menembak bola basket dengan tepat dan cepat ke dalam ring lawan tim. Disaat anda melompat, anggota tubuh terasa kaya sedang berjalan diudara. Kalau gak percaya cobain aja dirumah hehe. Biasanya setelah melompat tangan akan menyetuh ring lawan tim dengan bergelantungan seru bukan teknik ini.

Sekian dari saya beberapa teknik dasar bola basket bagi yang hobi, anda harus pelajari dan kuasai satu persatu. Jangan lupa banyak latihan terus menerus seperti judul disini dari pemula hingga profesional.

Show Comments

No Responses Yet

Yakin gak mau komen?