Yoga Pangestu Seorang Santri Blogger Muslim Berasal Dari Kota Lampung yang Sedang Berusaha Mempelajari Ilmu Dunia & Akhirat. Follow IG: @Mcpakaw_yogaswag86

9+ Unsur Intrinsik Novel Beserta Contoh (Versi Terbaru)

Pengertian novel – Mungkin anda suka hobi membaca novel? Disaat anda membaca novel dengan fokus dan memahaminya pasti akan merasakan apa yang terjadi di novel tersebut.

Novel merupakan sebuah karangan cerita panjang atau karya sastra berbentuk prosa yang menonjolkan watak para tokoh. Zaman sekarang novel semakin terkenal tiap pergantian tahun.

Daripada kelamaan dan bikin anda penasaran, langsung aja saya kasih tau beberapa unsur intrinsik beserta penjelasan simak ya!!.

Pengertian Novel

Pengertian Novel
hastac.org

Novel adalah karangan panjang berbentuk prosa termasuk dalam kategori sastra. Karya sastra memiliki bentuk ada dua bagian unsur pembentuk yaitu unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik.

Novel berasal dari serapan kata Italia artinya sebuah cerita, bahasa novel di Indonesia diambil dari bahasa Italia yaitu “novella”.

Novelis adalah seseorang yang menulis sebuah karangan atau cerita sebuah novel tersebut. Apa perbedaan antara novel dengan cerpen? Sekian orang banyak yang masih kebingungan.

Novel memiliki konten lebih panjang dan kompleks daripada cerpen. Novel biasanya menceritakan tentang kehidupan saling berinteraksi antara orang dan lingkungan.

Unsur novel terdapat dua bagian yaitu unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik, tenang sudah tersedia penjelasan simak di bawah ini ya.

Unsur intrinsik Novel

Unsur intrinsik Novel
merdeka.com

Unsur intrinsik novel adalah unsur paling pertama pembangun di dalam novel. Perlu anda pahami unsur intrinsik novel tidak hanya satu melainkan ada 8 unsur. Beberapa unsur seperti tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa & amanat.

Tema

Unsur paling utama dalam novel yaitu tema. Pengertian tema adalah sebuah gagasan pokok yang menjiwai seluruh cerita novel tersebut. Tema juga sebagai landasan dan latarbelakang cerita novel.

Dalam karya sastra apapun tema sebagai unsur yang sangat penting. Jika tidak ada tema dalam karya sastra tidak bisa dinikmati oleh keindahan. Contoh tema seperti tema pendidikan, romantis dan persahabatan.

Tokoh

Tokoh adalah pemeran atau seseorang menjadi pelaku dalam cerita. Unsur tokoh menjadi penting dalam novel yang harus ada mulai dari tokoh utama serta tokoh pembantu.

Pada umumnya tokoh dalam novel dibagi menjadi 4 bagian yaitu tokoh antagonis, tokoh protagonis, tokoh tritagonis dan tokoh figuran sebagai berikut.

  • Tokoh antagonis yaitu seseorang memiliki sifat buruk atau negatif seperti jahat, suka marah, iri, sombong dan sebagainya.
  • Tokoh protagonis yaitu seseorang memiliki sifat baik, jujur, berani, ramah, lembut dan sebagainya.
  • Tokoh tritatagonis yaitu seseorang memiliki sifat penengah yang arif dan bijaksana.
  • Toko figuran yaitu seseorang memiliki sifat tokoh pembantu dan memberi warna alur cerita.

Penokohan

Penokohan merupakan gambaran mengenai tokoh cerita. Tokoh dan penokohan sangatlah berbeda. Toko adalah pelaku atau karakter dalam novel, sedangkan penokohan adalah menggambarkan watak para tokoh tersebut.

Ada 2 bagian penokohan dalam novel yaitu penokohan analitik dan penokohan dramatik untuk penjelasannya sebagai berikut.

  • Penokohan analitik yaitu pengarang langsung menggambarkan keadaan atau pelukisan bentuk fisik seorang tokoh sehingga pembaca bisa tau secara langsung
  • Penokohan dramatik yaitu pengarang mengungkapkan watak tokoh dengan hal – hal yang berhubungan dengan tokoh. Contohnya seperti tingkah laku, gaya bicara dan reaksi tokoh lain.

Alur/Plot

Unsur yang berikutnya juga penting dalam novel yaitu alur. Pengertian alur adalah urutan rangkaian sebuah peristiwa yang dapat membentuk sebuah cerita.

Perlu ada pahami beberapa tahapan – tahapan alur cerita novel sebagai berikut.

  • Tahap pengenalan atau eksposisi, penulis atau pengarang akan memperkenalkan semua tokoh yang ada dalam novel tersebut.
  • Tahap pertentangan atau konflik, biasanya tokoh utama memiliki konflik dengan tokoh lain dalam cerita.
  • Tahap pertumbuhan atau penanjakan, di tahap ini konflik akan semakin panas dan ada pertentangan antara tokoh.
  • Tahap klimaks atau puncak ketegangan, di tahap ini ketegangan masalah akan memuncak menjadi kejutan bagi pembaca atau pendengar.
  • Tahap antiklimaks, pada tahap ini ketegangan masalah mulai sedikit mereda dan ada solusi buat selesaikan permasalahan.
  • Tahap akhir atau ending, pada tahap ini terdapat penyelesaian konflik dan bertanda akhir cerita, biasanya bahagia atau sedih.

Jika berdasarkan kronologi, terdapat macam – macam alur perlu anda ketahui seperti alur maju, alur mundur dan alur campuran sebagai berikut.

  • Alur maju yaitu cerita bergerak maju awal mulai dari awal hingga akhir sesuai kronologi waktu.
  • Alur mundur yaitu cerita yang bergerak mundur mulai dari akhir penyelesaian masalah sampai kembali ke awal perkenalan.
  • Alur campuran yaitu perpaduan antara alur maju dan alur mundur pada cerita atau novel.

Latar/Setting

Dalam novel juga terdapat latar atau setting termasuk unsur intrinsik novel. Latar adalah sesuatu yang berkaitan dengan tempat, waktu dan suasana dalam cerita.

Ada 3 jenis latar atau setting yaitu seperti latar tempat, latar waktu dan latar suasana perlu anda ketahui sebagai berikut.

  • Latar tempat yaitu menjelaskan dimana tempat cerita dalam novel, contohnya seperti rumah, museum, kota, jalan dan sebagainya.
  • Latar waktu yaitu menjelaskan tentang waktu pada cerita novel yang terjadi, seperti waktu pagi hari, siang, malam hari dan sebagainya.
  • Latar suasana yaitu menjelaskan tentang gambaran suasana ketika peristiwa novel terjadi, terkait perasaan tokoh. Contohnya seperti suasana bahagia, suasana rame, suasana tegang dan sebagainya.

Sudut pandang

Unsur intrinsik novel yang selanjutnya yaitu sudut pandang (point of view). Sudut pandang adalah cara pandang pengarang dalam menceritakan novel.

Pada umumnya ada 2 jenis sudut pandang terdapat dalam novel yaitu orang pertama dan orang ketiga penjelasannya sebagai berikut.

  • Sudut pandang orang pertama yaitu pengarang secara detail menceritakan sebagai orang pertama. Contohnya seperti menggunakan kata ganti orang pertama seperti saya, kami dan sebagainya.
  • Sudut pandang orang ketiga yaitu pengarang secara detail menceritakan sebagai orang ketiga. Contohnya seperti menggunakan kata ganti orang pertama seperti mereka, dia dan sebagainya.

Gaya bahasa

Gaya bahasa menurut novel adalah ciri khas pemilihan kata dan bahasa yang digunakan pengarang. Pastinya setiap penulis novel memiliki ciri khas gaya bahasa masing – masing.

Gaya bahasa dapat diartikan berupa pemilihan kata, penggunaan kalimat, pemakaian majas, penghematan kata dan sebagainya.

Amanat/Pesan

Unsur intrinsik novel yang paling terakhir yaitu amanat. Amanat adalah pesan yang terkait dengan novel yang dapat diambil oleh pendengar atau pembaca.

Cara penyampaian amanat bisa tersurat, tersirat maupun tidak langsung. Jadi novel tidak hanya hiburan semata saja, tapi juga ada hikmah buat pembaca.

Unsur Ekstrinsik Novel

tirto.id

Unsur ekstrinsik novel adalah unsur pembangun novel dari luar. Jadi unsur ekstrinsik tidak ditemukan dalam novel tersebut.

Meskipun unsur ekstrinsik tidak dapat ada dalam novel tapi sangatlah berarti terhadap karya sastra. Beberapa unsur ekstrinsik novel yang perlu anda ketahui sebagai berikut.

Unsur Biografi

Unsur biografi adalah menceritakan tentang latar belakang penulis. Contohnya seperti tempat tinggal penulis, tentang keluarga, pendidikan, lingkungan dan sebagainya.

Menceritakan latar belakang sangat berpengaruh dalam penulisan novel. Ceritanya penulis berasal dari keluarga miskin, maka penulis akan membuat novel yang sangat menyentuh hati para pembaca.

Unsur Sosial

Unsur sosial sangat berkaitan dengan kondisi masyarakat sekitar ketika membuat novel. Contohnya novel tersebut dibuat saat masa orde baru.

Pada saat itu kondisi masyarakat sangatlah kacau dan keadaan pemerintah jadi berantakan. Sehingga novel yang dibuat pada waktu itu berisi sindir – sindiran terhadap masyarakat.

Unsur Nilai

Unsur nilai novel berkaitan dengan pendidikan, ekonomi, politik, budaya, sosial, adat istiadat, hukum, seni, dan sebagainya. Nilai dalam novel menjadi daya tarik pembaca dan cukup berpengaruh baik.

Penutup

Sekian artikel dari saya beberapa unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik novel beserta penjelasan perlu anda pahami dan semoga bermanfaat.

Yoga Pangestu Seorang Santri Blogger Muslim Berasal Dari Kota Lampung yang Sedang Berusaha Mempelajari Ilmu Dunia & Akhirat. Follow IG: @Mcpakaw_yogaswag86

Yakin gak mau komen?